Futsal Porprov Jatim 2023
Juara Bertahan Surabaya Kalah dan Tidak Lolos ke 16 Besar Porprov Jatim VIII 2023

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Futsal putra Kota Surabaya, peraih dua kali medali emas sekaligus juara bertahan Porprov Jatim langkahnya kandas di babak penyisihan Porprov Jatim VIII 2023.

Surabaya menelan kekalahan 0-2 dari Tulungagung di matchday terakhir babak penyisihan Grup D di Fatkhi Futsal Center Sidoarjo, Kamis (7/9/2023) petang.

Kemenangan ini membawa Tulungagung lolos ke 16 besar. Sebetulmya usai kalah dari Tulungagung, peluang Surabaya lolos ke 16 Besar masih ada. Nasib Surabaya, tergantung dari laga terakhir penyisihan Grup D antara Kabupaten Ngawi melawan Kota Madiun.

Surabaya bisa lolos ke 16 Besar, jika laga Ngawi melawan Kota Madiun berakhir seri, atau Kota Madiun menang dengan skor tidak lebih dari dua gol. Tetapi nasib Surabaya akhirnya tidak tertolong, karena Ngawi berhasil menang 8-3 atas Kota Madiun.

Baca Juga:  Pelatih Tuban Salah Beri Motivasi ke Pemain, namun Malah Bawa Berkah Kalahkan Lamongan, Ini Hasil dan Klasemen Grup C

Mengawali pertandingan Surabaya langsung menekan pertahanan Tulungagung. Tim asuhan Anugrah Zulfitrah ini sabar untuk membongkar pertahanan Tulungagung yang disiplin menjaga kedalaman pertahanan.

Tulungagung memilih menunggu dan bertahan. Padahal, jika sampai laga ini berakhir imbang, peluang Tulungagung lolos bakal kecil.

Kesabaran Tulungagung menunggu kesalahan Surabaya akhirnya membuahkan gol menit 9 dari counter attack yang dicetak sang anchor, Ammar Ramzy Nurdiansyah. Pemain puslatda Pra PON Jatim ini melepas tendangan kaki kiri dan bola gagal dibendung kiper Surabaya.

Kecolongan satu gol, tekanan Surabaya meningkat. Namun, finishing anak-anak Surabaya menjadi salah satu kelemahan pada laga ini. Meski sudah berada di sekitar circle, namun bola tendangan pemain Surabaya, kalau tidak melambung ya ke samping gawang.

Baca Juga:  Futsal Putra Ponorogo Imbang Lawan Kabupaten Kediri, Ini Hasil Lengkap dan Klasemen Grup B Porprov Jatim VIII 2023, Ponorogo Juara Grup B
Baca Juga:  Sembilan Pemain Futsal Putra Magetan Muntaber, Ini Jadwal, Hasil Pertandingan dan Klasemen Grup G

Di bench pemain Surabaya, Utomo Suryodiputro terlihat ikut memberikan instruksi pemain yang berada di bench. Kebuntuan Surabaya membongkar pertahanan Tulungagung tidak kunjung juga menemui titik terang.

Sebaliknya, beberapa kali serangan Surabaya berhasil dipotong pemain Tulungagung yang mengakibatkan counter attack. Bukan Surabaya yang mencetak gol, tetapi justru Tulungagung yang menambah gol dari Emir Hanif Seno Nugroho menit 10. Keunggulan Tulungagung 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, pola permainan tetap sama. Surabaya lebih banyak menekan. Tulungagung praktis bertahan untuk mengamankan keunggulan 2-0. Strategi ini akhirnya membawa Tulungagung meraih kemenangan.

Pemain Tulungagung Ammar Ramzy Nurdiansyah mengaku memiliki motivasi tersendiri untuk mengalahkan Surabaya.

“Pada dua pertandingan sebelumnya saya belum cetak gol. Itu sebabnya, saya termotivasi untuk bisa mencetak gol ke gawang Surabaya sekaligus bisa meraih kemenangan,” ujar Ammar Ramzy kepada suryakabar.com usai pertandingan.

Kemenangan Tulungagung ini sekaligus menjadi obat atas tersingkirnya tim putri. Pada laga terakhir penyisihan Grup J, futsal putri Tulungagung kalah telak 1-4 dari Kabupaten Kediri, Kamis (7/9/2023). Imbas dari kekalahan ini, putri Tulungagung menempati juru kunci Grup J.

Usai merebut medali emas Porprov Jatim VI 2019 di Tuban, prestasi futsal putri Tulungagung terus menurun. Pada Porprov Jatim VII 2022 di Jember, langkah Tulungagung terhenti di perempat final, setelah dikalahkan Gresik 2-4. Tahun ini, futsal putri Tulungagung malah tidak lolos penyisihan. (es)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *