Porprov Jatim 2023
Prosesi Pengambilan Api Mengawali Perhelatan Porprov Jatim VIII 2023

SIDOARJO, SURYAKABAR.com  – Pengambilan api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VIII 2023 di Kawasan Candi Pari yang terletak di Desa Candipari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, mengawali rangkaian pesta olahraga dua tahunan tersebut.

Penampilan hadrah dari Ikhromul Mustofah dan tari Banjar Kemuning persembahan Sanggar Kreasi Dancer Sidoarjo menyambut kedatangan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, Ketua DPRD Sidoarjo Usman dan jajaran Forkopimda, Senin (4/9/2023).

Hadir pula Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim M. Ali Kuncoro, Ketua PB Porprov Jatim VIII, M Ali Affandi LaNyalla Mattalitti, Wakil Ketua III KONI Jatim Dedy Suhayadi dan juga pengurus KONI Jatim serta Ketua KONI Sidoarjo Franki Effendi beserta jajarannya.

Baca Juga:  Gubernur Khofifah Gowes Bareng Warga Sidoarjo Jelang Porprov Jatim VIII 2023

Prosesi pengambilan api semakin spesial dengan diiringi penampilan Lakune Sang Obor. Api obor Porprov Jatim 2023 diambil Kadispora Jatim M. Ali Kuncoro dari para penari yang lantas diserahkan kepada Ketua PB Porprov Jatim 2023, Muhammad Ali Affandi LaNyalla Mattalitti. Api obor selanjutnya diserahkan ke Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

Kepala Disporapar Sidoarjo Djoko Supriyadi mengatakan, alasan pemilihan Candi Pari karena peninggalan bersejarah yang harus dihargai dan dilestarikan.

“(Candi Pari) merupakan peninggalan sejarah yang berkaitan erat dengan Kerajaan Majapahit. Kita berharap dengan semangat Majapahit, semangat Sidoarjo membangun reputasi, maka dengan pengambilan api dapat memberi spirit yang sama dalam setiap laga di Porprov kali ini,” ujar Djoko Supriyadi.

Baca Juga:  Futsal Putra Kabupaten Mojokerto Tundukkan Bondowoso, Peluang Lolos ke 16 Besar Porprov Jatim VIII 2023 Terbuka Lebar
Baca Juga:  Futsal Putra Gresik Menang 5-1 Lawan Kota Pasuruan di Porprov Jatim VIII 2023, Belum Sesuai Target

Setelah dari Candi Pari, api obor Porprov VIII Jatim akan diserahkan kepada perwakilan atlet untuk dikirab ke Kabupaten Mojokerto kemudian menuju Jombang, Selasa (5/9/2023). Berlanjut ke Kota Mojokerto dengan tujuan Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (7/9/2023).

Sehari kemudian api obor kembali ke Sidoarjo untuk dikirab di Kabupaten Sidoarjo, kemudian disulut saat opening ceremony Porprov Jatim VIII 2023 di Stadion Gelora Delta, Sabtu (9/9/2023) mendatang.

Ketua PB Porprov Jatim VIII Muhammad Ali Affandi LaNyalla Mattalitti berharap adanya kirab api Porprov ini, masyarakat di empat kota/kabupaten yang menjadi tuan rumah ikut menyukseskan gelaran ini, dan masyarakat pada umumnya mengetahui, ada multievent olahraga sedang berlangsung di Jawa Timur. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *