Unesa Turunkan Empat Tim, Tim Robot Unesa Melaju ke KRTI Tingkat Nasional

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Tim Robot Unesa meraih juara di KRTI (Kompetisi Robot Terbang Indonesia) tingkat wilayah. Ini sekaligus menjadi tiket Unesa untuk melaju ke KRTI 2023 tingkat nasional.

Dosen Pembina, Muhamad Syariffuddien Zuhrie, mengatakan di kompetisi tingkat nasional, timnya mempersiapkan banyak hal, termasuk pembaruan mulai dari sistem mekanik hingga perangkat lunak.

“Saya harap tak hanya tim ini saja yang menjadi juara, semua tim yang dikirim ke nasional bisa jadi juara di tingkat nasional pada 22 September mendatang,” ujar Zuhrie melalui keterangannya di Surabaya, Sabtu (2/9/2023).

Baca Juga:  Untag Surabaya Gelar Wisuda Ramah Lingkungan, Bersiap untuk Keberlanjutan

Zuhrie menjelaskan, di ajang KRTI Unesa menurunkan empat tim di masing-masing kategori. Tim Dewanagari di kategori Fixed Wing, Tim Golden Eagle Art di Racing Plane, FL-RG di Vertical Take-Off Landing, dan HAWK-EYE di Technology Development-TDA.

Dari keempatnya itu, tim FLY-RG berhasil meraih juara pertama kategori Vertical Take-Off Landing. Juara tersebut merupakan pembuktian sekaligus tiket menuju KRTI 2023 tingkat nasional. “Dengan semangat mereka, Alhamdulillah keempat tim Unesa ini lolos ke tingkat nasional,” jelasnya.

Baca Juga:  PCU Kukuhkan 1.252 Wisudawan, Lulusan harus Siap Hadapi Dunia Kerja
Baca Juga:  Kolaborasi Bumdes Terbanyak Antar Unesa Pecahkan Rekor ke-9 MURI

Ketua Tim FLY-RG, Fatih Tri Anggara, menjelaskan jika timnya mengusung robot terbang multi-rotor berbentuk drone. Inovasi itu memakai sistem image processing gambar dan sensor light distance and ranging (lidar) yang bisa dipakai menjalankan perintah secara maksimal.

Sistem itu akan mengambil payload dan dropping payload di suatu titik tertentu secara autonomous. Saat diuji, robot ini dapat melakukan seluruh misi dengan waktu hanya 39 detik yang merupakan waktu tersingkat dibanding robot tim lain.

“Durasi itu merupakan yang tersingkat dan hampir seluruh tim hanya mampu di atas 60 detik. Robot yang kami buat ini juga pengembangan dari tahun sebelumnya dan tentu sudah disiapkan dengan misi kategori,” pungkasnya. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *