Berdayakan UMKM, Yatim Mandiri Launching Laboratorium Kewirausahaan

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Yatim Mandiri melaunching Mandiri Sociopreneur Center (MSC), di kompleks Kampus Kemandirian, Jalan Sarirogo, Kecamatan Sidoarjo, Sabtu (26/8/2023) pagi. Kehadiran MSC ini untuk mengatrol potensi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya di Kabupaten Sidoarjo.

Direktur Wakaf Mandiri, Sugeng Riyadi mengatakan, MSC merupakan laboratorium kewirausahaan berbasis wakaf dengan mengandeng para pelaku UMKM. “Tujuan utama berdirinya MSC ini untuk membentuk komunitas muamalah,” tutur Sugeng Riyadi.

Menurutnya, di dalam MSC terdapat minimart, produk UMKM, produk Bunda Bisa, kemitraan, investor serta donatur. “MSC terbuka dan semua bisa ikut berpartisipasi sehingga program wakafnya tersampaikan karena terdapat misi sosial, kemanfaatan serta keberkahan,” terangnya.

Baca Juga:  Desa Wisata Danau Shuji, Muara Enim Manfaatkan Hidroponik hingga Panel Surya Lewat Program Desa Energi Berdikari
Baca Juga:  Resmikan Ruang Cinema SMAN 4 Sidoarjo, Ini Pesan Bupati Gus Muhdlor

Ia melanjutkan, MSC ada di 52 titik di seluruh Indonesia. “Nah, nantinya para pelaku UMKM yang ada di wilayah tersebut bisa memanfaatkan MSC kita,” jelasnya.

Ia sangat berharap, dengan launching MSC ini semakin banyak UMKM yang terbantu. “Sehingga kita ikut berpartisipasi dengan program pemerintah untuk membantu ekonomi UMKM,” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini juga disertai launching kartu Ukhuwah dan Union.

Baca Juga:  Anggota DPRD Sidoarjo Zahlul Yussar Dorong Ojol Srikandi Dilatih Ketrampilan UMKM
Baca Juga:  Pertamina Gandeng Kemendag Fasilitasi UMKM, Perkuat Program UMK Academy

Ketua Harian Koperasi Agritara Berkah Bersama, Bambang Jasmanto mengatakan, kartu Ukhuwah ditujukan untuk para pelajar.

“Nantinya para orang tua bisa mengisi kartu tersebut lewat aplikasi sekaligus memonitor pengunaan kartu tersebut. Anaknya berbelanja apa saja bisa diketahui,” ucapnya.

Sementara kartu Union bisa digunakan masyarakat sekitar maupun pelaku UMKM. Nantinya mereka bisa berbelanja di WeMart dengan harga yang lebih kompetitif. Kedua kartu tersebut hasil kolaborasi Yatim Mandiri dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *