Piala AFF U-23 2023
Hasil Pertandingan Piala AFF U-23 2023, Indonesia Kalahkan Thailand, Hadapi Vietnam di Final

SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia U-23 lolos ke final Piala AFF U-23, setelah di semifinal menang 3-1 atas tuan rumah Thailand di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Kamis (24/8/2023) malam WIB. 

Garuda Muda unggul cepat ketika pertandingan baru bergulir 10 menit. Tendangan keras Jeam Kelly Sroyer dari luar kotak penalti menjebol gawang Thailand yang dikawal S Ingkaew.

Tekanan Indonesia membuat beberapa kali tim asuhan Shin Tae-yong mendapat lemparan ke dalam di daerah pertahanan Thailand.

Baca Juga:  Futsal Putra Banyuwangi Kalahkan Pra PON Bali Jelang Tampil di Porprov Jatim VIII 2023

Dari sekian lemparan ke dalam tersebut, satu di antaranya membuahkan assist gol menit 23 yang dicetak dari sundulan pemain belakang Muhammad Ferarri.

Gol itu berawal dari lemparan Robby Darwis hingga ke mulut gawang Thailand. Bola lambung disundul Ferarri untuk menjebol gawang Thailand.

Robby Darwis memiliki lemparan ke dalam yang cukup jauh seperti yang pernah dilakukan pemain Timnas Indonesia senior, Pratama Arhan.

Baca Juga:  Hasil Pertandingan: Chelsea Unggul Jumlah Pemain, West Ham yang Menang

Tertinggal dua gol, Thailand berupaya keras menipiskan ketinggalan. Upaya itu membuahkan gol menit 27 dari sundulan Chudit Wanpraphao menyambut bola lambung dari tendangan penjuru.

Menjelang babak pertama berakhir, serangan Indonesia yang dilancarkan Haykal Alhafiz dari sisi kanan pertahanan Thailand membuat pemain belakang Thailand Natcha Promsomboon membuat gol bunuh diri menit 45+1.

Gol ini dari tendangan kaki kiri Haykal. Bola silang mengarah ke mulut gawang Thailand. Natcha bermaksud membuang bola dengan sundulan, namun arah bola malah ke gawang sendiri.

Baca Juga:  Sukses di Kabupaten Pasuruan pada 2022, Kini Indomaret Poinku Volleyball Tournament 2023 Digelar di Kota Probolinggo

Di babak kedua Thailand berupaya keras mengejar ketinggalan, namun hingga laga usai kedudukan tetap 3-1 untuk kemenangan Indonesia.

Indonesia melangkah ke semifinal sebagai runner up terbaik, sementara Thailand merebut tiket semifinal sebagai juara Grup A. Sepanjang babak penyisihan Thailand tampil perkasa. Mereka berhasil sapu bersih kemenangan di tiga laga dan gawang mereka clean sheet.

Di laga final yang akan digelar, Sabtu (26/8/2023), Indonesia menghadapi Vietnam yang pada laga semifinal lainnya menang 4-1 atas Malaysia. Vietnam melaju ke semifinal sebagai juara Grup C sedang Malaysia juara Grup B. (es) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *