Polda Jatim Gelar Sispamkota di GOR Sidoarjo Siap Amankan Pemilu 2024

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kapolda Jawa Timur Irjen Toni Harmanto bersama Pejabat Utama Polda Jatim dan Kapolres Jajaran Polda Jatim menyaksikan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), di Parkir Timur GOR Sidoarjo, Rabu (23/8/2023).

Persiapan jelang tahun politik Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Legislatif 2024 yang akan datang, Polda Jatim berkolaborasi dengan TNI dan stakeholder terkait dalam simulasi ini.

Berbagai adegan pengamanan tahapan Pemilu diperagakan pada simulasi ini. Mulai tahapan awal kampanye, hingga pengamanan tahapan akhir penghitungan suara.

Baca Juga:  KPU Sidoarjo Santuni Anak Yatim, Berharap Pemilu 2024 Lancar

Seluruh satuan kerja (Satker) Polda Jatim diterjunkan seperti anggota Intelijen, Reskrim, Sabhara, Brimob, Dokkes dan Humas.

Untuk meminimalisir tingkat kerusuhan saat berlangsungnya tahapan pemilu, simulasi Sispamkota ini sebagai persiapan Polri siap mengawal Pemilu 2024.

“Kita menunjukkan lagi ke publik bahwa Polri berkolaborasi dengan TNI dan seluruh stakeholder, ada KPU dan yang lain. Kita siap melaksanakan kegiatan pengamanan Pemilu di tahun depan dan ini tahapan-tahapan yang harus kita lakukan sebagai suatu bentuk kesiapan kita,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemilu 2024 di Kabupaten Sidoarjo Diikuti 1.461.642 Pemilih
Baca Juga:  Jelang Pemilu 2024, Kemenkumham Jatim Perbarui Data Alamat Kantor dan Kepengurusan Parpol

Toni menambahkan, pihaknya telah memetakan potensi kerawanan, sehingga ini akan memudahkan tugas-tugas Polri dalam pengamanan Pemilu nantinya.

“Di tahun lalu ada potensi kerawanan dan saat ini sudah tereduksi semua ya, kita berharap itu bisa kita pertahankan dari potensi konflik yang ada di Jawa Timur, sehingga ini akan lebih memudahkan tugas-tugas kita dalam pengamanan kegiatan Pemilu nanti,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *