297 Lulusan Smamda Sidoarjo 2023 Diterima PTN, di Antaranya di Prodi Tak Biasa

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Devina Marcella Putri, lulusan SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo 2023 diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan program studi (prodi) yang tak biasa. Devina Marcella Putri masuk di prodi Pariwisata Universitas Airlangga Surabaya.

Devina termotivasi mengambil prodi pariwisata, karena senang belajar bahasa asing. “Pariwisata memiliki prospek kerja yang jelas. Industri pariwisata juga memicu kunjungan ke dalam hingga ke luar negeri,” kata Devina, Rabu (23/8/2023).

Lain halnya dengan Aura Rizkya Wigati yang diterima di prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Aura diterima melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

“Sangat kaget, karena saya bisa lolos ke UGM, ibu dan ayah saya sangat tidak menyangka. Tetapi juga sangat bersyukur,” ucapnya.

Sebagai informasi, sebanyak 297 lulusan Smamda Sidoarjo 2023 diterima di PTN tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah ini setara hampir 69 persen dari jumlah siswa yang diwisuda yaitu 436 siswa.

Baca Juga:  Dua Siswa Asing Ikuti Program Rotary Youth Exchange di Smamda Surabaya

Kepala sekolah Muhammad Zainul Arifin SKom MM kepada suryakabar.com menunjukkan data itu saat ditemui di ruang kerjanya. Pak Je, begitu ia biasa disapa oleh kolega mengatakan, data itu diambil, Jumat (18/8/2023). Kemungkinan besar masih bisa bertambah.

“Data ini diolah tim penelusuran studi lanjut dan karir lulusan Smamda yang berada di bagian Bimbingan Konseling (BK),” tuturnya.

Ia melanjutkan, kemungkinan masih ada alumni yang belum mengisi data, karena sebagian sudah berkegiatan di beberapa kampus.

“Ada kemungkinan data terus bertambah, karena baru 356 yang melaporkan,” imbuhnya.

Ia mengimbau kepada orang tua dan alumni yang belum melaporkan, segera menyampaikan ke sekolah.

Baca Juga:  Unusa Undang 42 Mahasiswa Asing Ikuti Lomba Makan Kerupuk dan Balap Karung
Baca Juga:  Meriahkan HUT ke-78 RI, Karita Rancang Busana Muslim "Merdeka”

Di tempat terpisah, Koordinator BK Smamda Sidoarjo Dra Riana Wulanningrum MPd menjelaskan, dari 297 lulusan yang diterima di PTN, masuk jurusan dan kampus yang bergengsi.

“Ada alumni kami yang diterima di Kedokteroan Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Jember juga di Universitas Airlangga,” ujarnya.

Riana menambahkan, ada satu alumni Smamda Sidoarjo telah lolos seleksi di kelas Internasional Universitas Indonesia jurusan Ilmu Komputer. Namanya Bilariel Heriz Ar Royan, dia diterima di program Double Degree.

Menurut Riana, berdasarkan data yang ada, lulusan terbanyak diterima di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dengan jumlah 79 orang. Sedangkan terbanyak kedua adalah Universitas Airlangga Surabaya yaitu 48 lulusan.

Urutan ketiga alumni Smamda ada di Universitas Brawijaya (UB) Malang sebanyak 46 lulusan. Dilanjutkan urutan keempat yaitu Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNV) Jawa Timur dengan jumlah diterima 39 orang. Menempati urutan kelima adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya 36 orang.

Selebihnya tersebar di berbagai kampus seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, Institut Seni Indonesia Surakarta, UPNV Yogyakarta, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Surabaya dan lainnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *