33 Chef Hotel Ikuti Kompetisi Memasak di favehotel Sidoarjo, Ini Juaranya

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sebanyak 33 chef hotel di bawah naungan Archipelago International mengikuti kompetisi memasak yang digelar di favehotel Sidoarjo, Jalan Raya Jenggolo, Sidoarjo, Selasa (15/8/2023).

Lomba yang dikemas dengan konsep Archipelago Black Box Battle ini, bahan yang akan dimasak para chef sengaja dirahasiakan di dalam kotak hitam dan baru dibuka saat perlombaan dimulai.

Corporate Director Communication and Public Relation Archipelago International, Sari Kusumaningrum mengatakan, even di Sidoarjo ini merupakan gelaran ketiga. “Sebelumnya event serupa pernah digelar di Jakarta dan Solo,” ucapnya.

Baca Juga:  Sabtu Sehat dan Bersenang Senang Lewat Senam Pound Fit di favehotel Sidoarjo

Sari mengatakan, tujuan digelarnya even ini untuk mengasah kemampuan memasak dan menguji mental para chef agar selalu update kreativitas memasak.

“Biasanya mereka tahu bahan apa yang akan dimasak. Nah, disini mereka sama sekali gak tahu, jadi mereka betul-betul harus menggunakan kreativitas dan totalitas. Juga untuk menguji mental mereka,” terangnya.

Sari melanjutkan, ada dua kategori peserta dalam lomba tersebut, yaitu food and beverage (makanan dan minuman). “Peserta beverage ada 16, sedangkan kitchen atau food ada 17 executive chef,” kata Sari yang juga sebagai juri dalam lomba tersebut.

Baca Juga:  Archipelago International Salurkan CSR Lewat Seni Memasak
Baca Juga:  Hotel Aston Sidoarjo Sediakan Produk UMKM sebagai Sajian Para Tamu

Ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian juri di antaranya, persiapan, presentasi, kerapian, dan kreativitas. “Apakah peserta itu menggunakan semua komposisi yang kita siapkan. Black box beverage hari ini berisi kurma belimbing dan daun mint,” ucapnya.

Archipelago Black Box Battle kategori food juara 1 diraih Chef Gelar Adhi Wibowo dari ASTON Mojokerto Hotel & Conference Center. Juara 2 diraih Chef Subadri dari ASTON Madiun Hotel & Conference Center. Juara 3 diraih Chef Denny Yosseano dari Quest Hotel Darmo Surabaya sebagai pemenang favorit.

Sementara di kategori beverage, juara 1 diraih Agustina Sabrina dari ASTON Mojokerto Hotel & Conference Center. Juara 2 diraih Diah Novita dari favehotel Malang dan juara 3 diraih Tresnaji dari ASTON Madiun Hotel & Conference Center.

“Semua juara 1 mendapatkan piala Charles Brookfield. Juara 2 mendapat piala John Flood, dan juara 3 mendapatkan hadiah menarik dan sebagai pemenang favorit. Black box battle 2023 ini pertama kali dimenangkan  chef perempuan,” imbuhnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *