Berita Sidoarjo
Karang Taruna dan RT 02 RW 1 Desa Singopadu, Tulangan Sidoarjo Pasang Bendera Sepanjang 600 Meter untuk Peringati HUT ke 78 Kemerdekaan RI

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pengurus RT dan Karang Taruna RT 02, RW I, Desa Singopadu, Kecamatan Tulangan memasang Bendera Merah Putih sepanjang sekitar 600 meter. Pemasangan bendera yang memayungi di atas jalan sepanjang RT 02 tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI. 

Ketua RT 02 M Kolil menuturkan, pemasangan Bendera Merah Putih ini merupakan ide dari Karang Taruna. “Setiap tahun kami merayakan kemerdekaan dengan ornamen yang berbeda-beda. Nah, bendera panjang ini merupakan yang pertama,” tuturnya, Senin (14/8/2023).

Baca Juga:  Jelang HUT RI, Warga Desa Keper, Krembung Sidoarjo Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 350 Meter

Kolil menyebut, bendera yang membentang sepanjang RT nya memiliki pajang total sekitar 600 meter. “Sepanjang 380 meter di jalan utama kampung sedangkan kalau di gang-gang sekitar 220 meter,” jelasnya.

Kolil menambahkan, dana pembuatan bendera tersebut berasal dari swadaya masyarakat. “Sejak Juli 2023 kami sudah mempersiapkan bendera. Yang menjahit dua orang warga kita sendiri yang digarap secara bertahap. Pemasangan pun juga bertahap. Pada satu Agustus pemasangan telah tuntas,” ucapnya.

Baca Juga:  BBTNBTS Bentangkan 77 Bendera Merah Putih Ukuran 2022 Meter di Lautan Pasir Bromo
Baca Juga:  SMA Muhammadiyah I Taman Sidoarjo Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa untuk Peringati Hari Pahlawan

Selain pemasangan bendera super panjang, lanjut Kolil, di RT nya juga digelar aneka lomba seperti bola voli dan lomba lainnya.

“Pada Jumat depan, karang taruna mengadakan lomba mengambil bendera di ujung titian bambu di atas sungai. Peserta lomba harus mahir berjalan di atas bambu,” imbuhnya.

Keberadaan bendera super panjang ini seringkali membuat pengendara yang lewat berhenti untuk berfoto dan mengambil video sehingga sempat viral di media sosial. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *