Ini Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia, Prestasinya Bawa Brasil Rebut Piala Dunia

JAKARTA, SURYAKABAR.com – Ini dia pelatih baru Timnas Futsal Indonesia. Namanya, Marcos Sorato. Pria asal Brasil itu secara resmi diperkenalkan ke media oleh Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Hary Tanoesoedibjo di MNC Tower Jakarta, Jumat (4/8/2023) sore. 

Hary Tanoesoedibjo mengatakan, kehadiran pelatih asal Brasil ini terbilang sangat pas. Apalagi melihat rekam jejak sang pelatih, founder MNC Grup ini optimistis Marcos mampu membawa skuat timnas futsal terbang tinggi.

“Kalau kita lihat prestasinya sangat luar biasa. Bahkan pernah terlibat membawa Timnas Brasil dua kali merebut juara Piala Dunia 2008 dan 2012. Saya rasa ini yang paling signifikan. Juara Piala Dunia itu kan event paling atas,”  ungkap Hary Tanoesoedibjo.

Seiring prestasi yang pernah ditorehkan Marcos Sorato tersebut, Hary Tanoesoedibjo berharap futsal Indonesia bisa lebih baik lagi.

Baca Juga:  Unggul FC Malang Ingin Happy Ending di Liga Futsal Profesional 2022-2023

“Karena cabang olahraga salah satu yang penting selain atletnya sendiri rajin latihan dan kompetisi, tetapi tidak lepas dari kualitas coach. Kualitas pelatih ini sangat pegang peranan, karena terkait kemampuan teknis. Apalagi olahraga beregu yang melibatkan lebih dari satu orang, butuh kekompakan, trik-trik, teknik-teknik untuk menjaga tim itu bisa solid,” paparnya.

Hary Tanoesoedibjo menambahkan kedatangan Marcos Sorato bisa memenuhi target yang diberikan yakni  menembus AFC Cup dan selanjutnya berpartisipasi di Piala Dunia.

“Target AFC tentunya bisa realistis tercapai dan selanjutnya bisa berpartisipasi di ajang World Cup,” beber Hary Tanoe.

Marcos Sorato yang baru tiba di Jakarta, Jumat (4/8/2023) pagi menyebut, Timnas Indonesia merupakan salah satu tim futsal yang cukup dipertimbangkan di Asia. Oleh karenanya ia ingin bisa membawa Timnas Indonesia bisa naik ke level yang lebih tinggi.

Baca Juga:  Jadwal LIFS U-16 2023, Sabtu 5 Agustus 2023, Derby Krian Edisi Ketiga, Pembuktian Tim Terbaik Krian
Baca Juga:  Futsal Putra Ponorogo Bersyukur Tanpa Pra Porprov, Meski Akui Persaingan Lebih Ketat

“Saya seringkali memantau perkembangan Timnas Indonesia, hampir satu tahun terakhir ini, ada beberapa pemain luar negeri bermain di Liga Futsal Indonesia, seperti Ricardinho. Saya tentunya ingin membawa Timnas ini ke level selanjutnya,” ungkap mantan pelatih timnas wanita Brasil itu.

Pelatih yang akrab disapa Pipoca itu, nantinya akan menangani skuat Garuda selama tiga tahun kedepan. Ia bakal memberikan pengalamannya kepada Timnas Indonesia.

Marcos Sorato memiliki catatan statistik yang cukup bagus. Selama menukangi Timnas Brasil, Marcos Sorato sudah terlibat dalam 288 pertandingan. Hasilnya, 271 kemenangan, 11 seri, dan kalah hanya 6 kali.

Dalam karirnya memoles Timnas putra Brasil, Marcos sukses merebut juara Piala Dunia pada 2008 dan 2012. Sementara saat mengarsiteki tim putri, Marcos meraih juara Piala Dunia tiga kali berturut-turut pada 2010, 2011, dan 2012.

Marcos Sorato memoles Timnas Indonesia menggantikan pelatih asal Iran, Mohammad Hashemzadeh yang mundur pada 9 Juli 2023 lalu. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *