Berita Sidoarjo
Kreativitas Emak-emak di Gedangan Sidoarjo Memanfaatkan Sampah Daur Ulang Menjadi Ornamen Cantik Agustusan

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kreativitas ditunjukkan emak-emak warga Perumahan Permata Gedangan, RW VIII Desa Keboansikep, Kecamatan Gedangan Sidoarjo.

Mereka kompak membuat pernak-pernik hiasan ‘Agustusan’ dari sampah daur ulang menjadi ornamen cantik yang dipasang di lingkungan mereka selama Bulan Kemerdekaan.

Hening Sawengi (51) mengatakan, pembuatan ornamen seperti ini rutin digelar setiap tahun. “Bahan-bahannya memanfaatkan limbah rumah tangga khususnya botol plastik, sehingga kami tidak perlu mengeluarkan ongkos lebih cuma membeli pewarna,” tutur Hening, Minggu (30/7/2023).

Baca Juga:  Kisah Penjual Bendera Asal Garut, Sepekan Berjualan di GOR Sidoarjo Tak Satupun Laku

Bahan tersebut, lanjut Hening telah dikumpulkan warga beberapa waktu dan disimpan secara mandiri. Nah menjelang bulan Agustus bahan-bahan itu dikumpulkan di salah satu rumah warga untuk dikreasi.

Hening menambahkan, kali ini ia membuat lima jenis ornamen, semuanya dari limbah botol plastik yang dibuat aneka bentuk seperti lampu labu lebah, lingkaran Indian, lampion India, kincir lampu dan lampu stroberi. “Nanti kita juga membuat lampu taman berbahan botol galon dengan tema merah putih,” ucapnya.

Baca Juga:  Uniknya Lomba Perahu Mini Versi Nyadran di Desa Gempolsari Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo

Sementara itu Olivia Dewi Maharani (42) menerangkan, persiapan pembuatan ornamen Agustusan ini butuh waktu satu minggu.

“Ornamen ini dilombakan antar RW, sehingga mendorong kami berkreatvitas lebih. Setiap tahun tema nya berbeda. Syukurlah, sudah beberapa kali kita menang,” terang Olivia.

Baca Juga:  Pemkab Sidoarjo Bagikan Puluhan Ribu Bendera Merah Putih Jelang HUT ke 78 Kemerdekaan RI

Olivia melanjutkan, kemampuan membuat ornamen daur ulang ini tidak perlu mendatangkan mentor. “Ada beberapa dari kami yang sudah terbiasa mengolah bahan daur ulang menjadi kerajinan. Nah, kemampuan itu kemudian ditularkan kepada kami,” kata Olivia.

Setelah proses kreatif selesai, ornamen-ornamen tersebut dipasang di sepanjang jalan perumahan khususnya jalan utama.

Selain membuat ornamen Agustusan, mereka juga membuat bahan fungsional lainnya dari bahan daur ulang, tempat kue misalnya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *