Jateng Juara Umum Pornas Korpri XVI 2023, Jatim Peringkat Ketiga

SEMARANG, SURYAKABAR.com – Tuan rumah Pornas Korpri XVI 2023, Jawa Tengah (Jateng) tampil sebagai juara umum. Kepastian itu seiring keberhasilan Jateng merebut medali emas dari cabang olahraga (cabor) futsal di hari terakhir Pornas XVI 2023, Jumat (21/7/2023).

Pada laga final, futsal Jateng memetik kemenangan 3-2 atas DKI Jakarta. Dengan hasil itu DKI Jakarta merebut medali perak dari cabor futsal.

Berkat tambahan satu keping emas dari cabor futsal itu, membuat Jateng meraih 11 medali emas, 12 medali perak, dan 12 medali perunggu.

Posisi kedua ditempati kontingen Kemenpora yang mendulang 11 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Kontingen Jawa Timur (Jatim) berada di posisi ketiga, setelah meraih 5 medali emas, 1 perak, dan 11 perunggu.

Baca Juga:  KONI Jatim Finalisasi Kesiapan Venue Porprov Jatim VIII 2023, Ini Jadwal Kunjungan KONI ke Venue

Keberhasilan Jateng merebut juara umum Pornas Korpri XVI 2023 disyukuri Sekda Jateng, Sumarno. “Kami bersyukur, Alhamdulillah sebagai tuan rumah penyelenggaraan berjalan lancar dan menurut laporan tadi penyelenggaraannya diapresiasi. Dari sisi jumlah peserta juga mengalami peningkatan,” kata Sumarno usai menghadiri closing ceremony di GOR Jatidiri Semarang, Jumat (21/7/2023).

Pornas XVI 2023 yang digelar di Semarang, 14-21 Juli ini mencatatkan sejarah sebagai edisi Pornas paling banyak diikuti peserta yaitu 6.000 peserta dari 101 kontingen. Rinciannya, 38 provinsi, 63 kementerian dan lembaga negara.

Baca Juga:  Banyuwangi Open Paralayang Digelar di Gunung Menyan, Peserta Bisa Nikmati Keindahan Gunung Api Purba

Cabor yang dipertandingkan dan dilombakan ada 10 yakni tenis lapangan, tenis meja, catur, voli, basket, futsal, gateball, bulu tangkis, senam Korpri, dan balap sepeda. Total medali yang diperebutkan 54 emas, 54 perak dan 71 perunggu.

Menurut Sekda Sumarno, status juara umum yang diraih Jateng diharapkan menjadi motivasi tersendiri untuk agenda event dua tahunan tersebut. Pornas XVII 2025 akan digelar di Sumatera Selatan.

“Alhamdulillah Jateng juara umum dengan 11 medali emas. Ini juga menjadi kebanggaan, karena Jateng selama ini belum pernah juara umum. Ini jadi motivasi kedepan mudah-mudahan lebih baik lagi,” katanya.

Baca Juga:  Tim Deputi 4 Juara Turnamen Futsal Antar Unit dan Stakeholder Kemenpora 2023

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo yang hadir dalam closing ceremony mengaku senang Jateng sukses menggelar Pornas XVI 2023.

“Sangat bahagia, dari kepesertaan ini 6.000 dan sepuluh cabang olahraga. Kita lihat tadi guyubnya dan kekeluargaan antar institusi, itu yang kita kejar di Pornas ini agar dari olahraga ini menjadi jaringan yang kuat dan akhirnya nanti mengelola republik ini lebih baik lagi,” katanya.

Menpora Dito berharap Pornas 2025 di Sumatera Selatan cabornya lebih banyak. “Tadi ada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Ibu Gusti Ayu Bintang, beliau itu mantan atlet tenis meja, makanya harusnya next dibikin friendly match antar menteri,” katanya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *