Kualifikasi FIBA U-16: Kalahkan Malaysia 83-80, Indonesia Jaga Peluang Lolos ke Qatar

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Timnas Basket Putra Indonesia U-16 menjaga peluang lolos ke kejuaraan kelompok usia tingkat Asia di Doha, Qatar, setelah mengalahkan Timnas Basket Putra Malaysia U-16 dengan skor tipis 83-80 di babak “FIBA U-16 Asian Championship SEABA Qualifiers” hari kedua yang digelar di GOR CLS Knights Surabaya, Selasa (18/7/2023) malam.

Pada kuarter pertama, Timnas Basket Malaysia U-16 mengungguli permainan tuan rumah Timnas Basket Indonesia U-16. Kuarter ini pun ditutup dengan keunggulan Malaysia dengan skor 30-21.

Memasuki kuarter kedua, Indonesia langsung tancap gas. Mereka berambisi mengejar ketertinggalan poin di kuarter pertama.

Indonesia berbalik unggul 37-35 atas Malaysia. Kuarter kedua ditutup untuk keunggulan Timnas Basket Indonesia U-16 dengan skor 46-44.

Baca Juga:  Kualifikasi FIBA U-16: Timnas Indonesia Kalah Tipis dari Thailand di Laga Perdana

Pada kuarter ketiga, Timnas Indonesia berupaya memperlebar selisih poin dari Malaysia. Anak asuh Liem Filixs ini mampu mengunci pertandingan dengan kedudukan 70-57 atas Malaysia.

Pada kuarter keempat, Timnas Indonesia semakin menjauh dari kejaran Timnas Malaysia. Mereka sanggup memimpin 73-57 pada awal kuarter ini. Indonesia U-16 mampu menutup pertandingan dengan kemenangan 83-80 atas Malaysia.

Pada pertandingan ini, pemain Timnas Basket Indonesia U-16, I Ketut Gede Bayu Prayoga Putra mencetak 27 poin. Sedangkan, pemain dari Malaysia Jian Wei Tan mencatat 20 poin.

Baca Juga:  17 Atlet Perkuat Angkat Besi Jatim di Pra PON 2024, Target Loloskan 11 Atlet ke PON 2024

I Ketut Gede Bayu Prayoga Putra, mengaku kehadiran dukungan dari para suporter di GOR CLS Knights Surabaya mampu meningkatkan semangat bertarung rekan-rekannya. Ditambah lagi dengan dukungan orang tuanya yang hadir langsung di tribun penonton.

“Penonton yang banyak membuat saya lebih semangat dan di-support juga oleh orang tua. Saya berharap para supporter bisa memberikan dukungan di laga penentuan menghadapi pemuncak grup Timnas Filipina U-16, Rabu (19/7/2023),” kata Prayoga setelah pertandingan.

Di sisi lain, Prayoga menyebut tim pelatih akan mematangkan strategi untuk meraih hasil positif pada laga besok. “Persiapan khusus untuk pertandingan selanjutnya mungkin besok akan lebih dibahas, dan jangan lupa dukung Indonesia besok melawan Filipina,” terangnya.

Baca Juga:  AFP Jatim Panggil 65 Pemain untuk Seleksi Futsal Pra PON Aceh - Sumut

Sementara, Pemain Timnas Basket Malaysia U-16, Jian Wei Tan, menyebut kekalahan ini lantaran faktor kedisiplinan para pemain menggalang pertahanan, sehingga penggawa Timnas Indonesia mampu beberapa kali mencetak poin krusial.

“Pertahanan kami harus lebih baik ke depannya, kami juga akan menghadapi pertandingan selanjutnya melawan Thailand,” jelasnya.

Pada pertandingan sebelumnya, Timnas Basket Putra Filipina U-16 tampil perkasa dengan menumbangkan perlawanan Timnas Basket Putra Thailand U-16 dengan skor 85-49 pada laga kedua “FIBA U-16 Asian Championship SEABA Qualifiers” yang digelar di GOR CLS Knights Surabaya, Jawa Timur.

Laga penentuan akan digelar, Rabu (19/7/2023). Pada laga pertama pukul 17.00-19.00 WIB akan mempertemukan Timnas Basket Putra Thailand U-16 melawan Timnas Basket Putra Malaysia U-16. Sedangkan, laga kedua pukul 19.00-21.00 WIB, Timnas Basket Putra Filipina U-16 akan menantang tuan rumah Timnas Basket Putra Indonesia U-16. (aci)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *