Unusa Gandeng Pelindo Bangun Pengelolaan Air Bersih Bagi Santri Ponpes di Pamekasan

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menggandeng PT Pelindo Terminal Petikemas untuk pembangunan sistem pengolahan air bersih di Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatun Najah Pamekasan, Madura.

Bentuk kerja sama ini bertujuan memberikan akses yang lebih baik terhadap pasokan air bersih bagi para santri di ponpes tersebut.

Wakil Rektor II Unusa, Ir Muhammad Faqih, mengatakan, kerja sama ini memiliki tujuan utama menyejahterakan kehidupan masyarakat dalam peningkatan kualitas air bersih.

“Melalui kerja sama ini diharapkan mampu melayani kebutuhan air bersih bagi para santri dan pengurus ponpes, dan dapat bersifat sustainable atau berkelanjutan,” jelas Faqih di Surabaya, Jumat (14/7/2023).

Baca Juga:  Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Flyover Aloha Sidoarjo Siap Dilewati

Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas, Widyaswendra, menyebut timnya tergerak dalam kerja sama ini setelah mengetahui realita yang dialami santri Ponpes Hidayatun Najah yang terikat waktu secara bergantian untuk mandi. Sehingga, memaksa santri lainnya harus mandi di sungai yang berada di belakang pondok.

“Kerja sama ini memang terbilang kolaborasi bentuk mikro. Namun, memiliki dampak luar biasa dan turunannya pun dapat bermanfaat seperti dapat dikembangkan untuk budidaya ikan atau beternak. Namun, yang terpenting adalah para santri dapat terlindungi dan beraktivitas dengan adanya sistem pengolahan air bersih saat ini,” terang Widya.

Instalasi pengolahan air bersih yang dibangun ini, lanjut Widya, dibentuk menggunakan bahan-bahan yang terjangkau di sekitar masyarakat, seperti zeolit, karbon aktif, pasir dan silica. Sehingga, nantinya penduduk pesantren dapat membaharui secara mandiri pada alat penyaringan.

Baca Juga:  Mahasiswa Unusa Ciptakan Permainan Edukasi Heksama Card

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unusa, Achmad Syafiuddin, menyampaikan kolaborasi dan penanganan dalam aspek air bersih dilakukan, karena nantinya juga dapat memiliki manfaat luas. Selain itu, pesantren dinilai sebagai tulang punggung pendidikan awal di Indonesia.

“Nantinya, kolaborasi ini juga dikembangkan dalam bentuk Pesantren Bersemi (Bersih, Sehat dan Mandiri). Para santri akan diberi pelatihan edukasi mengenai penggunaan keberlanjutan air bersih dan perawatan kamar mandi yang telah dibangun,” ungkap Syaifuddin.

Baca Juga:  Mahasiswa Ubaya Rancang Robot Pengantar Obat dan Makanan Otomatis

Pengasuh Ponpes Hidayatun Najah, KH Imron Rosyid, menyambut baik kolaborasi ini dan menyampaikan terima kasih atas inisiatif Unusa dan Pelindo dalam membangun sistem pengolahan air bersih di ponpesnya.

“Ini akan memberi manfaat yang besar bagi para santri serta masyarakat sekitar dalam pasokan air bersih yang memadai. Kami berharap kerja sama ini dapat berlanjut dalam upaya meningkatkan kualitas hidup kita semua,” katanya.

Dengan kerja sama ini, Unusa dan PT Pelindo Terminal Petikemas tidak hanya membangun infrastruktur fisik, namun juga berperan dalam membentuk kesadaran dan memberdayakan masyarakat dalam pengelolaan air bersih. Melalui upaya berkelanjutan seperti ini, diharapkan kita semua dapat menjaga kelestarian sumber daya alam yang sangat berharga ini untuk generasi mendatang. (cat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *