Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Flyover Aloha Sidoarjo Siap Dilewati

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pembangunan flyover Aloha Gedangan saat ini mencapai 56 persen. Ini melebihi rencana awal sebesar 35 persen. Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali optimistis, proyek ini selesai tepat waktu yaitu pada April 2024 mendatang.

Mega proyek yang dibangun untuk mengurai kemacetan ini ditarget akan memasuki tahap uji fungsional pada musim libur Natal 2023  dan Tahun Baru 2024.

“Melihat perkembangannya, saya optimistis proyek flyover Aloha akan selesai pada April 2024 sebab sampai sejauh ini proyek sudah selesai 56 persen. Jika dihitung kedepan kurang 9 bulan lagi proyek selesai. Artinya kita mengejar 44 persen lagi. Nanti saat Nataru (libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024) kita akan mulai uji fungsional,” tutur Gus Muhdlor sapaan akrab bupati, Jumat (14/7/2023).

Baca Juga:  Bupati Gus Muhdlor Pantau Progres Proyek Flyover Aloha, Optimistis Selesai Tepat Waktu

Gus Muhdlor berharap flyover Aloha mampu memperlancar arus lalu lintas dan mengurangi waktu perjalanan bagi pengguna jalan. Proyek ini juga akan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal dan mempermudah akses menuju pusat bisnis serta tempat-tempat penting lainnya.

“Saat ini mungkin masyarakat masih merasakan macetnya, karena proses pengerjaan proyek, mohon masyarakat bersabar, jangka panjangnya keberadaan flyover Aloha ini akan mengurai kemacetan yang sudah menahun,” tambahnya.

Dari data Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Kabupaten Sidoarjo, pembangunan flyover Aloha sudah memasuki 36 minggu pengerjaan proyek atau 9 bulan telah mencapai 56,058 persen.

Hal ini menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam proyek tersebut, mengingat rencana awal hanya sebesar 34,887 persen artinya proyek ini mengalami deviasi (surplus) pekerjaan sebesar 21,17 persen.

Baca Juga:  Uji Coba Operasional Terbatas LRT Jabodebek Mulai Dilakukan, Rabu, 12 Juli 2023

Kepala Dinas PUBMSDA Kabupaten Sidoarjo, Dwi Eko Saptono mengungkapkan, meskipun terdapat tantangan teknis dan kondisi cuaca yang kadang sulit, tim konstruksi bekerja dengan keras untuk memenuhi target progres. Mereka terus berupaya untuk memastikan kualitas konstruksi yang baik tanpa mengorbankan keamanan.

“Kami terus koordinasi dengan Kementerian PU untuk memantau pengerjaan proyek agar dapat selesai tepat waktu dengan kualitas yang baik,” ucap Dwi.

Baca Juga:  Dorong Pariwisata Indonesia Timur, PLN NP Kelola PLTMG Flores dan Ternate

Dwi menambahkan, dengan tingkat realisasi saat ini, proyek nasional ini juga diharapkan dapat menjadi contoh keberhasilan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo.

“Pembangunan flyover Aloha Sidoarjo akan menjadi tonggak prestasi bagi pembangunan infrastruktur di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Keberhasilan proyek ini akan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat, dan menjadi trigger pengembangan lebih lanjut dalam upaya meningkatkan konektivitas di kawasan tersebut,” tutup Dwi. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *