Haji 2023
450 Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Bangkalan Madura Mendarat di Bandara Juanda

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sebanyak 450 jemaah haji kloter pertama Debarkasi Juanda asal Bangkalan Madura mendarat di Bandara Juanda Sidoarjo, Selasa (4/7/2023) pukul 15.50 WIB.

General Manager Bandara Internasional Juanda Sisyani Jaffar mengatakan, hari ini ada tiga kloter jemaah haji mendarat. “Setiap kloter berjumlah sekitar 450 jemaah,” tuturnya.

Ia merinci, kloter pertama yang berisi jemaah haji dari Bangkalan mendarat pukul 15.50 WIB, kloter 2 jemaah haji asal Surabaya, Madiun dan Bangkalan pukul 16.50 WIB serta kloter ke 3 jemaah haji asal Sampang, Bangkalan dan Surabaya tiba pukul 18.30 WIB.

“Alhamdulillah seluruh jemaah haji telah diberangkatkan dari Bandara Juanda dengan selamat dan telah melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Sekarang kami fokus untuk menyambut kepulangan para tamu Allah tersebut yang akan dimulai 4 Juli hingga 4 Agustus 2023,” kata Sisyani.

BACA JUGA:

haji datang

Sisyani menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan dengan baik kebutuhan dari sisi pengelola bandara untuk kelancaran angkutan debarkasi haji 1444 H/ 2023. Di antaranya memastikan kesiapan fasilitas kebandarudaraan, pengaturan arus jemaah dan kendaraan hingga pengawalan bus penjemput.

“Kami telah memastikan kesiapan SDM dan fasilitas serta peralatan pendukung angkutan debarkasi haji tahun 2023 bersama Lanudal Juanda, Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, Perum LPPNPI Cabang Surabaya, Kementerian Agama Jawa Timur, CIQ, Saudia Airlines, Ground Handling, Pertamina dan Angkasa Pura Logistik serta instansi terkait lainnya,” terang Sisyani.

haji datang1

Sementara itu untuk memitigasi kemungkinan lainnya yang berdampak terhadap kelancaran operasional penerbangan reguler di Bandara Internasional Juanda, pihaknya juga selalu melakukan pemeriksaan dan memastikan fasilitas pendukung dalam keadaan prima dan laik digunakan.

“Kami telah mengantisipasi dengan memanfaatkan secara maksimal waktu dan mengatur slot parkir pesawat agar tidak berdampak pada operasional bandara serta terus melakukan pemeriksaan secara rutin untuk fasilitas-fasilitas bandara utamanya yang berada di sisi utara,“ imbuh Sisyani.

Begitu turun dari pesawat Saudia Airline, banyak jemaah yang bersujud syukur, salah satunya adalah Mohammad Hasan, warga Bangkalan asal Porong Sidoarjo.

haji datang2

“Kami bersama istri sangat bersyukur telah selesai menjalankan ibadah haji ke tanah Suci. Dan hari ini telah kembali ke tanah air dengan selamat,” tuturnya.

Rasa syukur yang sama disampaikan Hermanto, jemaah haji asal Bangkalan mengaku ia bersama istri sangat terharu setelah tiba di Bandara Juanda. Mereka menunggu 12 tahun untuk menunaikan ibadah haji.

“Kami sangat terharu, dan bersyukur bisa kembali tiba ke tanah air. Kemudian saya melakukan sujud syukur, itu merupakan ucapan syukur alhamdulillah kami bersama istri selesai menunaikan ibadah haji dengan selamat kembali ke tanah air,” ucap Hermanto. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *