DJP Jatim I, II dan III Gelar FGD dengan DPD REI Jawa Timur

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Timur I, II dan III bersama-sama menggelar Forum Group Discussion (FGD) dengan Dewan Pengurus Daerah Real Estat Indonesia (DPD REI) Jawa Timur di Vasa Hotel Surabaya, Kamis (22/6/2023). 

FGD dihadiri Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Timur II, Agustin Vita Avantin dan Ketua DPD REI Jawa Timur Soesilo Efendy serta anggota REI di Jawa Timur.

Kanwil DJP Jawa Timur I, II dan III menggelar FGD dengan tema “Aspek Aspek Perpajakan yang Terkait Bisnis Usaha Real Estate dan Properti” ini dalam rangka memberikan pemahaman dan informasi perpajakan di sektor properti serta upaya optimalisasi penerimaan pajak di 2023.

pajak jatim juni1

FGD diikuti anggota REI Jawa Timur, sekitar 250 peserta hadir secara luring dan sekitar 98 hadir secara daring.

“Ini sungguh merupakan suatu kebanggaan dan ucap syukur kepada Allah Yang Maha Esa. Ini merupakan suatu kesempatan yang langka karena acara ini digagas antara REI dan DJP I, II dan III. Biasanya DJP I, II dan III sendiri-sendiri. Selain pentingnya Aspek Perpajakan yang Terkait Bisnis Usaha Real Estate dan Properti, acara ini digagas karena terbitnya PMK-60 tahun 2023 yang kita tunggu-tunggu.” ucap Ketua DPD REI Jawa Timur, Soesilo Efendy dalam sambutannya.

pajak jatim juni 2

Kepala Kanwil DJP Jawa Timur II, Agustin Vita Avantin, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan DPD REI Jawa Timur atas acara yang diselenggarakan ini.

“Acara dilaksanakan secara bersama antara Jatim I, II dan III ini diharapkan agar bisa memberikan edukasi, pelayanan dan treatment yang sama kepada Wajib Pajak. Reformasi perpajakan di DJP terus bergulir, ayo mulai menertibkan diri dan merapikan administrasi perpajakannya, kalau ada Wajib Pajak yang melaporkan kurang benar itu lebih karena ketidakpahaman atau kelalaian, bukan karena kesengajaan,” ujar Vita.

Pada sesi pertama, nara sumber dari Kanwil DJP Jawa Timur II, Chandra Hadi, Penyuluh Ahli Muda, memaparkan materi terkait Kewajiban Perpajakan Real Estat.

Chandra menyampaikan, Wajib Pajak harus paham dengan hak dan kewajibannya. Hal tersebut diperlukan guna menghindari kesalahan yang akan berakibat sanksi dan denda.

Sebelum menginjak ke materi kedua, Account Representative (AR) Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Sidoarjo, Purwadi dan An’im Fuadib memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sebelumnya dikirim anggota REI kepada panitia.

Sesi kedua diisi nara sumber dari Kanwil DJP Jawa Timur I, Syamsul Arifin, Penyuluh Ahli Muda, yang memaparkan materi Tahapan Proses Bisnis dan Aspek Perpajakannya.

Sesi ketiga nara sumber dari Kanwil DJP Jawa Timur III, Acob Ahmadi, Penyuluh Ahli Muda, yang memaparkan Kewajiban PPnBM dan PPh Ps 22 atas Hunian Mewah dan Joint Operasion. Juga terkait PMK-60 tahun 2023.

Sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab. Antusiasme peserta sangat tinggi ketika dibuka sesi tanya jawab.

Sesi ini dimoderatori Arif Anwar Yusuf, Penyuluh Pajak Ahli Pertama Kanwil Jatim II. Pertanyaan yang muncul amat beragam, mulai dari pertanyaan sederhana seputar aturan formal hingga pertanyaan rumit terkait kenyataan di lapangan.

Semua pertanyaan tersebut secara rinci dan detil diulas dalam forum ini.

Khusus pertanyaan terkait PMK-60 tahun 2023 diskusi juga berjalan dengan baik, meskipun jawaban tetap menunggu petunjuk teknis (juknis), mengingat PMK ini baru saja terbit sehingga juknis belum keluar.

FGD diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta. Informasi perpajakan terkini lainnya dapat dilihat di laman landas www.pajak.go.id. #PajakKuatIndonesiaMaju. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *