Lebaran 2023
Menikmati Pesona Jalur Pantai Selatan Ruas Tulungagung Trenggalek

TRENGGALEK, SURYAKABAR.com – Jalur Pantai Selatan (Pansela) atau yang dulu dikenal dengan Jalur Lintas Selatan (JLS) ruas Kecamatan Watulimo Trenggalek sampai Kecamatan Besuki Tulungagung dibuka sementara selama masa mudik Lebaran 2023.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim-Bali membuka jalur ini selama dua minggu mulai 15 April hingga 29 April 2023 seiring tuntasnya pengerjaan di lot 6.

Meskipun dibuka untuk pemudik yang berumah di pesisir Selatan, namun pembukaan jalan ini benar-benar dimanfaatkan para wisatawan.

Kini, mereka lebih memilih melewati Pansela dari Kecamatan Besuki untuk mencapai Pantai Prigi maupun Pasir Putih di Kecamatan Watulimo Trenggalek.

BACA JUGA:

pantai1

“Kami sekeluarga baru mengunjungi keluarga di Watulimo, ternyata lewat sini lebih cepat, jalannya lebih landai ketimbang lewat Durenan yang cenderung curam,” ucap Imam Sahroni, warga Turen Malang saat ditemui di Pantai Gemah, Tulungagung, Kamis (27/4/2023) sore.

pantai2

Di Pansela lot 6 sepanjang 18,3 kilometer ini, wisatawan disuguhi pemandangan indah Laut Selatan. Beberapa rest area telah disediakan untuk sarana istirahat sekaligus menikmati nuansa laut dari ketinggian.

“Indah banget. Tadi saya lewat Watulimo, di sepanjang jalan tadi kami bisa melihat hamparan laut luas,” kata Titik Yuniarti, warga Kota Kediri saat ditemui di rest area Pansela Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

pantai3

Pembangunan Pansela dengan total panjang 684 kilometer yang membentang mulai Kabupaten Trenggalek hingga Kabupaten Banyuwangi ini diharapkan dapat meningkatkan sektor perekonomian warga pesisir Selatan, mulai pertanian, wisata hingga perikanan.

Saat ini, wisata pantai baru di jalur Pansela telah dibuka di antaranya Pantai Mutiara, Pantai Klatak dan Pantai Gemah.

Belasan warung kopi dengan pemandangan laut lepas juga telah tersedia. Di sini, wisatawan bisa menyeruput hangatnya kopi menikmati keindahan alam. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *