Berita Lumajang
Dua Tarian Khas Lumajang Tampil Gemilang pada Rakornas Bidang Perpustakaan 2023

LUMAJANG, SURYAKABAR.com – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menggelar Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan 2023 di Hotel Pullman Jakarta, 6-7 Maret 2023. Tema rakor tersebut, “Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Kesejahteraan, Solusi Cerdas Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19”.

Aparatur Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang, Wahyuni Endah Warni kepada laman Pemkab Lumajang menerangkan, dalam acara yang dilaksanakan Perpusnas RI tersebut, Kabupaten Lumajang menyuguhkan Seni Budaya Khas Kabupaten Lumajang yaitu Tari Topeng Kaliwungu dan Tari Godril.

Lanjut dia, tarian yang diberi judul Swarna Lumajang tersebut menyajikan kolaborasi dua kesenian tradisional yang sampai saat ini masih dilestarikan masyarakat.

BACA JUGA:

“Tarian ini sangat berharga bagi masyarakat Lumajang terutama wilayah Bromo, Tengger, dan Semeru, yaitu Topeng Kaliwungu dan Godril. Kesenian yang muncul, tumbuh, dan berkembang menghiasi khazanah kebudayaan, memberi warna indah bagi karakter masyarakat Lumajang,” terang Wahyuni Endah Warni, Rabu (8/3/2023).

Selain itu, diterangkan Wahyuni, para penari yang tampil pada acara Rakornas tersebut adalah guru seni tari SMAN 1 dan SMAN 2 Lumajang serta seorang mahasiswa yang satu tahun terakhir menjadi relawan pengajar kelas tari di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang.

Mahasiswa tersebut peduli dan mau membagikan ilmunya pada generasi muda agar kesenian khas Lumajang ini tetap lestari dan bisa dinikmati masyarakat.

“Tarian ini menggambarkan masyarakat yang guyub rukun ramah tamah dalam kegembiraan, tegas dalam sikap, dan tegar dalam menghadapi gelombang kehidupan. Topeng Kaliwungu ini juga telah terdaftar sebagai Warisan Budaya Tak Benda kebanggaan Lumajang,” jelasnya.

Rakornas Bidang Perpustakaan kali ini dihadiri beberapa kementerian selaku Pemangku kebijakan di antaranya, Kemenparekraf, Kemendikbudristek, Kemendes, Bappenas, Kemenkeu, dan Kemendagri. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *