Menikmati Indahnya Senja di Padang Savana Pandanwangi Lumajang sambil Ngopi

LUMAJANG, SURYAKABAR.com – Padang Savana Pandanwangi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur cukup familier terutama bagi para penikmat senja khususnya mereka yang berdomisili di Lumajang. 

Berada di pesisir laut selatan, tepatnya di Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, Padang Savana selalu ramai dikunjungi kalangan muda-mudi hampir di setiap sore.

Banyak kelebihan yang dimiliki Padang Savana Pandanwangi ini. Salah satunya, di kawasan ini, kita bisa menikmati waktu matahari terbenam atau yang biasa disebut senja.

Padang Savana merupakan hamparan tanah yang memiliki panorama yang indah. Tidak hanya spot bagi penikmat senja melainkan juga pemandangan laut ataupun hamparan rumput yang membentang luas hingga ratusan hektare. Waoooow.

BACA JUGA:

Ramainya pengunjung di Padang Savana Pandanwangi ternyata dibaca sebagai peluang ekonomi oleh beberapa orang. Salah satunya, Ikal sang penjual kopi yang setiap hari menyeduh untuk para pengunjung di tempat itu.

Ikal mengaku baru berjualan kopi di areal Padang Savana Pandanwangi sekitar empat bulan terakhir. Itu setelah pandemi Covid-19 aktivitas di Padang Savana kembali ramai.

Peluang tersebut menggugahnya untuk mencoba peruntungan membuka “kopian” di pesisir pantai selatan dengan motor copper andalannya.

“Saya baru empat bulanan. Lumayan ada saja yang datang. Tapi ramainya pasti pas weekend, Sabtu Minggu kadang Jumat sore itu ramai juga,” terangnya, Sabtu (14/1/2023).

Ikal menyebut pelanggannya tidak hanya dari Lumajang, melainkan juga banyak dari daerah tetangga seperti Jember dan Probolinggo.

Bahkan saat weekend, ada juga rombongan dari Malang dan Surabaya yang datang ke Padang Savana Pandanwangi. “Yang ke sini banyak juga dari Jember. Biasanya ya anak-anak muda gitu menikmati senja katanya,” imbuhnya.

Tidak hanya Ikal, ada juga beberapa penjual cilot dan minuman lainnya seperti Es Tebu dan berbagai minuman dingin.

Ikal berharap ramainya Padang Savana diimbangi dukungan pemerintah setempat, seperti penyediaan tempat sampah dan fasilitas penunjang lainnya. Karena menurutnya, Padang Savana merupakan potensi wisata yang sudah ada, tinggal merawat dan menjaganya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *