Sensasi Membaca Buku Sambil Naik Perahu Bebek di Kampus UMM

MALANG, SURYAKABAR.com – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) punya danau khusus yang berada di dalam kampus. Wisata ini dilengkapi taman asri dan perahu bebek.

Wahana bebek air ini mulai dioperasikan untuk umum beberapa bulan lalu bertempat di danau kampus tiga UMM. Tak jarang terlihat antrean mahasiswa dan pengunjung yang menunggu giliran untuk mengendarainya.

Kepala Bagian Komunikasi Publik UMM, M. Isnaini, M.Pd. menjelaskan, wahana bebek air ini merupakan bentuk pemanfaatan infrastuktur di UMM yakni danau kampus.

Selain itu, adanya bebek air di UMM ini berguna untuk menciptakan suasana lingkungan belajar yang menyenangkan bagi para mahasiswa.

Menariknya, wahana ini juga terbuka untuk para tamu dan mahasiswa kampus lain yang ingin lebih mengenal Kampus Putih.

BACA JUGA:

“Kami ingin kampus tidak hanya dipandang sebagai tempat yang serius untuk belajar, tetapi juga tempat yang menyenangkan. Awalnya kami hanya memberikan satu wahana bebek air untuk uji coba. Namun karena antusiasme yang tinggi, kami menambah tiga buah bebek air lagi. Total, danau UMM memiliki empat bebek air yang bisa menampung maksimal empat orang di masing-masing perahunya,” ujar dosen Prodi Bahasa Indonesia itu.

umm1

Krisna, sapaan akrabnya, mengatakan, keselamatan merupakan prioritas. Selain memberikan tulisan imbauan tentang tata cara penggunaan bebek air, kampus juga bekerja sama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Divisi Mahasiswa Pencinta Alam (DIMPA).

Tim DIMPA membantu mengawasi penggunaan bebek air. Pihak universitas juga akan langsung melakukan perbaikan jika ada perahu bebek yang mengalami kerusakan.

“Tak hanya wahana bebek air, kami juga menyediakan berbagai tempat untuk nongkrong dan menikmati suasana di Kampus Putih. Seperti misalnya gazebo, kafe kontainer, Mydormy UMM dan lain sebagainya. Harapannya mahasiswa dan masyarakat umum dapat menikmati proses pembelajaran di UMM dengan nyaman dan tenang serta membantu perkuliahan menjadi lebih santai,” ungkapnya.

Salah satu mahasiswa UMM Neha Aidina Wirasti mengaku telah menaiki wahana bebek air ini dua kali. Mahasiswa baru angkatan 2022 ini mengatakan, awalnya ia takut untuk mencoba bebek air. Namun setelah mencobanya sekali, ia merasa wahana ini sangat menyenangkan. Neha juga mengajak beberapa teman untuk mencoba bebek air sela-sela waktu kuliah.

“Biasanya kalau lagi suntuk atau capek mengerjakan tugas, saya akan ikut antrean untuk naik bebek air. Kadang saya juga mengajak teman-teman untuk ikut dan membuat konten di media sosial. Seru sekali, di kampus ada mainan bebek-bebek yang bisa dicoba siapapun. Bahkan beberapa waktu lalu juga ada flying fox yang dibentangkan dari GKB I ke bawah dekat danau,” kata mahasiswa jurusan Agroteknologi ini. (abs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *