Forkopimda Jatim Cek Kesiapan Angkutan Umum Jelang Libur Nataru

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Forkopimda Jatim yang meliputi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto dan Danrem 084/BJ Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, meninjau kesiapan angkutan umum menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mulai di Pelabuhan Gapura Surya Nusantara (GSN) Tanjung Perak, Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo dan Terminal Purabaya, Kamis (22/12/22) sore.

Di Pelabuhan Gapura Surya Nusantara (GSN) Tanjung Perak, rombongan mengecek kesiapan armada kapal untuk mengangkut penumpang yang akan keluar dan masuk wilayah Jawa Timur lewat jalur air.

Di sana, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto juga memastikan pihak pelabuhan menyediakan vaksinasi Covid-19 bagi penumpang yang masuk dan keluar wilayah Jatim yang belum melakukan vaksin.

“Jika memang penumpang membludak nantinya armada kapal bisa ditambah. Dan di sini juga diberikan vaksin booster dalam rangka pencegahan Covid-19,” kata Irjen Pol Toni Harmanto.

Usai meninjau Pelabuhan Gapura Surya Nusantara (GSN) Tanjung Perak, Forkopimda Jatim melanjutkan peninjauan ke Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo.

BACA JUGA:

gubernur1

Di sana, rombongan Forkopimda meninjau posko pelayanan maupun gate penumpang keberangkatan maupun kedatangan.

Usai meninjau di dua moda transportasi tersebut, Forkopimda melanjutkan peninjauan ke Terminal Purabaya, di Desa Bungurasih, Kecamatan Waru.

Di terminal ini disiapkan tes urine bagi sopir dan kenek bus untuk mengetahui kesehatan sopir saat membawa penumpang pada saat libur Nataru 2022/2023.

gubernur2

Pada kesempatan itu pula, Forkopimda Jatim juga berbagi sembako baik kepada office boy (OB), sopir dan kernet bus di Terminal Purabaya.

Dalam peninjauan Forkopimda Jatim, turut mendampingi Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro dan pejabat utama Polresta Sidoarjo.

Kusumo mengatakan, tes urine ini dilakukan terhadap pengemudi dan kru bus dengan harapan mereka menjalankan kendaraan berjalan dengan aman, nyaman dan selamat.

“Kegiatan tes urine ini dilakukan mulai H – 3 kemarin hingga H + 2 setiap hari diadakan namun seleksi prioritas. Selain itu dilakukan pengecekan kadar alkohol terhadap semua kru bus dan penumpang. Alhamdulillah selama tiga hari belum ditemukan hal-hal yang positif yang berkaitan dengan narkotika,” terang Kusumo. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *