Warga Dua Desa di Kecamatan Waru Sidoarjo Mulai Benahi Rumah usai Tersapu Puting Beliung

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Angin puting beliung di Desa Bungurasih dan Desa Medaeng, Kecamatan Waru, Selasa (6/12/2022) merusakkan ratusan rumah.

Kerusakan terparah menimpa rumah warga di RT 3 RW III dan Jalan Bungurasih Barat. Atap beberapa rumah tersapu angin dan menghilangkan atap bangunan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Nurmalia warga RT 3 menceritakan, angin menerbangkan atap rumah bagian belakang. ” Tidak tahu asbes dan kayunya terbang kemana,” tuturnya, Rabu (7/12/2022).

Ia menambahkan, selain atap di kamar belakang, angin juga menerbangkan banyak genting rumahnya, akibatnya hujan yang turun paska angin puting beliung membasahi semua perabot rumahnya.

BACA JUGA:

“Semua enam tempat tidur basah membuat keluarga kami terpaksa tidur di rumah saudara yang rumahnya tidak terdampak,” ucap perempuan 43 tahun yang membuka warung di depan rumahnya ini.

Ia menambahkan, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor sempat datang meninjau kampungnya, Rabu (6/12/2022) malam. “Ini tadi sudah ada bantuan terpal untuk menutup rumah. Katanya bantuan berupa asbes akan segera datang,” jelasnya.

Sementara itu di Desa Medaeng, ratusan atap rumah warga rusak, namun tidak separah di Desa Bungurasih. Hanya saja, atap pasar desa Grand Medaeng tersingkap.

“Kemarin itu angin puting beliung terjadi sekitar jam satu siang, untung saya sudah pulang,” katanya.

Ia berharap segera ada perbaikan kerusakan pasar, karena dikhawatirkan atap ambruk dan menimpa orang.

Kepala BPBD Sidoarjo Dwijo Prawito mengatakan, jumlah rumah yang terdampak angin puting beliung di dua desa beragam.

Desa Medaeng rumah yang terdampak di 6 RT, dengan rincian RT 3, 4, 5, 6, 7, dan 8 di RW 1, 2, dan 3 berjumlah 62 rumah dan dua fasum.

Sementara itu di Desa Bunggurasih rumah yang rusak terdampak puting beliung, Selasa (6/12/2022) kemarin berada di RT 1 RW 02, RT 02, dan 03 RW 3, RT 14 RW 1. Total yang rusak 58 rumah. Paling parah sekitar 15 rumah.

“Bantuan berupa asbes dan terpal disalurkan hari ini sedangkan sembako besok,” katanya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *