Hari Sumpah Pemuda 2022
Pemkab Madiun Gelar Pembekalan Program Bangga Kencana untuk 140 Pesilat, Cegah Pernikahan Dini

MADIUN, SURYAKABAR.com – Pemerintah Kabupaten Madiun melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) mengadakan kegiatan Pembekalan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) bagi organisasi pencak silat se Kabupaten Madiun di Pendopo Muda Graha, Kamis (27/10/2022). Kegiatan ini untuk  memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 2022

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami, menjelaskan, pernikahan dini mempunyai risiko sangat tinggi, termasuk kemungkinan terjadinya stunting. Untuk itu perlu ada edukasi tentang stunting dan keluarga berencana, termasuk bagi para pesilat.

“Setelah adanya edukasi seluruh perguruan pencak silat di Kabupaten Madiun bisa menyampaikan kepada seluruh anggotanya termasuk juga kepada siswa siswanya tentang stunting,” ujar Bupati Madiun.

BACA JUGA:

Kepala DPPKBPPPA, Suryanto mengatakan, terdapat 140 pesilat dari 14 perguruan pencak silat di Kabupaten Madiun mengikuti pembekalan Bangga Kencana dalam hal kesehatan reproduksi Keluarga Berencana.

Hal ini dilakukan Pemkab. Madiun untuk mencegah adanya Dispensasi Nikah Dini (Diska). “Anak anak dibekali ilmu untuk menjaga agar mereka tidak nikah pada usia dini,” katanya.

Dengan kegiatan ini diharapkan angka stunting di Kabupaten Madiun dapat terkendali. Perlu diketahui, angka stunting di Kabupaten Madiun di angka 14,76 %. Hasil rapat TPPS semester II pada 29 September 2022 turun di angka 13,34 %. Target 2023 di angka 11,50 % dan di 2024 di angka 9,50%. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *