Koperasi Smamda Sidoarjo Diresmikan, Sarana Para Murid Belajar Mengenal Dunia Usaha

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Sidoarjo kini mempunyai koperasi siswa. Dengan sarana ini, para siswa bisa belajar dunia usaha serta pengelolaan keuangan.

Koperasi siswa Smamda Sidoarjo ini diresmikan Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Budaya dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Didik Suhardi, Jumat (5/8/2022).

Ia mengatakan, ide koperasi siswa merupakan bagian dari gerakan nasional revolusi mental, salah satunya adalah gerakan Indonesia Mandiri.

“Gerakan Indonesia mandiri, bagaimana kita menumbuhkan, meningkatkan dan menyadarkan agar masyarakat giat berkoperasi,” tuturnya.

Ia menambahkan, yang ideal kegiatan berkoperasi dimulai dari sekolah. “Dengan demikian gerakan berkoperasi akan tumbuh dan berkembang pesat,” terangnya.

BACA JUGA:

smamda 1
Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Budaya dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Didik Suhardi didampingi Kepala Smamda Wigatiningsih usai peresmian Koperasi Smamda, Jumat (5/8/2022).

Menurut Didik, koperasi adalah soko guru pembangunan Indonesia, maka semua elemen, masyarakat termasuk dunia pendidikan mempunyai peran yang sama untuk mengembangkan koperasi.

Ia malanjutkan, elemen yang terlibat dalam koperasi siswa ini tentu butuh pelatihan. “Prinsip koperasi adalah gotong royong, kesejahteraan bersama dan yang utama mengajarkan pada para murid untuk berkolaborasi dengan pihak lain untuk meningkatkan pembangunan di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Smamda Sidoarjo, Wigatiningsih mengatakan, pencanangan koperasi siswa merupakan program Kemenko PMK.

“Anak-anak perlu mengenal dunia usaha sejak dini. Lewat koperasi siswa, mereka dibekali kemampuan mengelola keuangan serta berorganisasi dengan baik di sela-sela kegiatan belajar mereka di sekolah,” terang Wigatiningsih.

Ia berharap, dengan diresmikannya koperasi siswa di Smamda Sidoarjo, sekolah-sekolah lain akan mengikutinya. (sat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *