Lifter Eko Yuli Raih Medali Emas di Kelas 67 Kg PON XX Papua, di Olimpiade Tokyo 2020 Eko Yuli Tampil di Kelas 61 Kg

JAYAPURA, SURYAKABAR.com – Lifter Jawa Timur (Jatim) Eko Yuli Irawan berhasil mewujudkan target merebut medali emas di PON XX Papua 2021.

Pada perhelatan multievent nasional empat tahunan ini Eko Yuli Irawan turun di kelas 67 Kg putra pada lomba angkat besi yang digelar di Auditorium Universitas Cendrawasih, Kabupaten Jayapura, Rabu (6/10/2021).

Peraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020 itu berhasil menorehkan total angkatan 313 kg. Pada angkatan snatch, Eko berhasil mencatatkan angkatan tertinggi 143 kg. Saat angkatan clean and jerk, catatannya 170 kg.

Di kelas 67 kg, Eko bertarung lawan dua lifter senior Indonesia, Triyatno dan Deni. Mereka membuntuti Eko di peringkat dua dan tiga. Triyatno merebut medali perak untuk Kalimantan Timur dan Deni harus puas mempersembahkan perunggu untuk Bengkulu.

Bagi Eko Yuli raihan medali emas ini cukup mengejutkan. Ini karena sebelumnya, Eko mengaku akan tampil pada nomor 61 kg.

BACA JUGA:

Meski turun bukan di nomor idealnya, Eko tetap tampil memukau. Walau berusia 32 tahun, dia menunjukkan masih cukup kompetitif untuk bertanding di ajang multieven manapun.

Persiapan Eko Yuli sebelum tampil di PON XX Papua cukup singkat. Dia baru bergabung bersama tim angkat besi Jatim dalam training camp di Malang, 15 September 2021.

Maklum, sebelumnya dia berjuang membela Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Eko Yuli berhasil meraih medali perak di kelas 61 Kg putra. Pada kelas ini medali emas disabet lifter Tiongkok, Li Fabin.

Eko meraih total angkatan 302 kg. Eko Yuli mampu meraih angkatan snatch 137 kg dan angkatan clean and jerk 165 kg. Walhasil, total angkatannya tertinggal 11 kg dari Li Fabin.

Eko Yuli Irawan masih berpotensi tampil membela Indonesia di SEA Games 2021 sampai Asian Games 2022. Apalagi, dia membuktikan masih bisa berprestasi di angkat besi dalam ajang PON XX Papua 2021.

Selain Eko Yuli, Jatim juga mendapatkan medali perunggu atas nama Joni Susanto yang turun di kelas 61 kg. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *