Hasil Final Sepak Bola Putri Olimpiade Tokyo 2020, Kanada Raih Emas untuk Pertama Kali

SURYAKABAR.com – Sepak bola putri Kanada merebut medali emas Olimpiade Tokyo 2020, setelah di final menang 3-2 (1-1) atas Swedia lewat drama adu tendangan penalti di International Stadium Yokohama, Jepang, Jumat (6/8/2021) malam WIB.

Sejak sepak bola putri ditandingkan di Olimpiade Atlanta 1996, baru kali ini final berlangsung hingga adu tendangan penalti.

Raihan medali emas ini mengobati kegagalan Kanada pada dua edisi terakhir Olimpiade. Pada Olimpiade London 2012 dan Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Kanada selalu merebut medali perunggu. Bahkan, ini merupakan medali emas pertama bagi sepak bola putri Kanada di Olimpiade.

Sebaliknya kegagalan Swedia merebut medali emas dan harus puas dengan medali perak, mengulang kegagalan serupa pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016 yang waktu itu di final Swedia kalah 1-2 dari Jerman.

Tampil di laga final kedua tim menyuguhkan permainan berimbang. Penguasaan bola Swedia unggul tipis. Tim asuhan Peter Gerhardsson memiliki ball possession 51 persen sementara Kanada 49 persen.

BACA JUGA:

Pemain-pemain Swedia berhasil melepas 16 tendangan ke gawang Kanada dan empat di antaranya on target. Sebaliknya pemain Kanada melepas sembilan tendangan ke gawang Swedia dan hanya dua yang on target.

Swedia unggul lebih dulu menit 34 lewat gol Stina Blackstenius dan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, saling serang kembali dimainkan kedua tim. Giliran Kanada yang mencetak gol untuk menyamakan skor 1-1 dari eksekusi penalti Jessie Fleming menit 68. Skor imbang 1-1 berlangsung hingga waktu normal pertandingan berakhir.

Pada perpanjangan waktu, stamina pemain kedua tim sama-sama menurun. Meski sama-sama memiliki peluang, namun kedua tim gagal mencetak gol. Kanada akhirnya menang 3-2 pada adu tendangan penalti.

Adu tendangan penalti dilakukan hingga enam kali. Ini karena pada lima kali tendangan, skor imbang 2-2. Dua penendang Swedia yang berhasil yakni penendang kedua Nathalie Bjorn dan penendang ketiga Olivia Alma Charlotta Schough. Dari Kanada yang berhasil penendang pertama Jessie Fleming dan penendang kelima Deanne Cynthia Rose.

Tendangan penalti dilanjutkan untuk mencari satu selisih gol. Penendang Swedia Jonna Andersson gagal dan penendang Kanada Julia Angela Grosso gol.

Kiper Kanada Stephanie Labbe layak menjadi pahlawan pada adu tendangan penalti. Dua kali Labbe berhasil menepis tendangan pemain Swedia.

Sementara itu medali perunggu sepak bola putri disabet Amerika Serikat, setelah pada pertandingan perebutan peringkat ketiga menang tipis 4-3 atas Australia. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *