Satgas Covid-19 Perum Taman Candiloka Candi Sidoarjo Bantu Pelaksanaan Pilkades

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2020 di Sidoarjo di masa pandemi Covid-19 tetap berjalan, Minggu (20/12/2020).

Dalam pelaksanaan pilkades kali ini, sesuai aturan pemerintah. Satu tempat pemungutan suara (TPS) maksimal untuk 500 daftar pemilih tetap (DPT) dan wajib menerapkan SOP protokol kesehatan (prokes).

Pj. Bupati Sidoarjo, Hudiyono mengatakan, warga yang akan melakukan pencoblosan di TPS, harus menerapkan prokes. Misalnya, mengenakan masker.

“Selain wajib prokes, dengan mengenakan masker, DPT usai mencoblos agar tidak berkerumun. Selesai ya langsung pulang tidak bergerombol,” kata Cak Hud sapaan Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono kepada awak media termasuk suryakabar.com, Sabtu (19/12/2020) malam.

Disela melakukan inspeksi mendadak (sidak) persiapan pelaksanaan pilkades serentak 2020 di Sidoarjo, Cak Hud berpesan ke petugas penjaga TPS agar giat menyosialisasikan dan menerapkan dengan baik aturan prokes itu.

Satuan tugas (satgas) pencegahan Covid-19 RW 05 Perum Taman Candiloka, Desa Ngampelsari, Kecamatan Candi, Sidoarjo turut membantu petugas TPS. Di perumahan tersebut, terdapat tiga TPS dengan jumlah total 1.496 DPT.

Keterlibatan Satgas Covid-19 RW 05 Perum Taman Candiloka tersebut dengan harapan upaya pencegahan sebaran Covid-19 lebih optimal. Bahkan, pelaksanaan upaya pencegahan itu dilakukan Satgas Covid-19 RW 05, Perum Taman Candiloka secara ketat.

Misalnya, setiap pemilih sebelum melakukan proses pencoblosan, dan saat hadir ke TPS, dilakukan pengecekan suhu tubuh, diminta mencuci tangan dan mengenakan hand sanitizer.

Selanjutnya, pemilih diberikan sarung tangan plastik, kemudian dipersilakan untuk melanjutkan proses pencoblosan yang dipandu petugas TPS.

“Disini ada 15 relawan satgas yang kami bagi tugas ke tiga TPS yang ada di RW 05, sebagian satgas ada juga yang moving. Dan kami juga sediakan masker, berjaga-jaga saja jika ada warga yang lupa membawa,” ujar Ketua Satgas Covid-19 RW 05 Perum Taman Candiloka, M. Arif Budi Susetyo. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *