Pilkades Ngampelsari Candi Sidoarjo Disebar di 12 TPS

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Sidoarjo akan digelar, Minggu (20/12/2020). Tercatat 174 desa di Sidoarjo bakal melakukan Pilkades serentak. Termasuk didalamnya Desa Ngampelsari, Candi Sidoarjo.

“Alhamdullilah berkat kerjasama semua pihak yakni Pj (Penjabat Kepala Desa), panitia, calon (kepala desa), timses kita libatkan semua, sehingga logistik sudah siap disalurkan ke TPS,” ujar Isa Bahanan, Ketua Panitia Pilkades Ngampelsari Candi Sidoarjo menjawab suryakabar.com, Sabtu (19/12/2020).

Menurut Isa Bahanan, logistik seperti protokol kesehatan, id-card untuk saksi, tanda gambar calon kades sudah diberikan ke KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara). “Tanda gambar calon sudah kami serahkan agar bisa dipersiapkan di TPS,” jelasnya.

Sementara surat suara, bantalan dan alat tusuk akan diserahkan, Minggu (20/12/2020). “Kita upayakan besok jam 06.30 WIB sudah kami laksanakan seremonial sederhana penyerahan surat suara, bantalan dan alat tusuk ke KPPS,” paparnya.

Pilkades Ngampelsari diikuti tiga calon. Nomor urut 1 merupakan petahana Suheri Kuswanto, nomor urut 2 Bambang Eko Sumarsono dan nomor urut 3 Sarajuita Sahara. Daftar pemilih tetap (DPT) ada 5.787 dengan jumlah TPS 12 lokasi.

“TPS ada 12, rinciannya 10 TPS maksimal untuk 500 DPT sedang dua TPS masing-masing diisi 482 DPT,” paparnya.

Isa Bahanan menjelaskan adanya 12 TPS tersebut untuk menghindari kerumunan warga, karena masih pandemi Covid-19. Itu sebabnya, pemilih yang datang ke TPS wajib menggunakan masker.

“Kita akan menjalankan protokol kesehatan seperti ketentuan yang ada. Di TPS kami sediakan tempat cuci tangan dan handsanitizer serta petugas KPPS memakai sarung tangan dan masker,” paparnya.

pilkades 1
Pj Kepala Desa Ngampelsari, Anang Wahyu Hari Widodo (kiri) dan Ketua Panitia Pilkades Ngampelsari Isa Bahanan.

Pada bagian lain, Isa Bahanan juga mengingatkan kepada warga usai memberikan hak suara di TPS langsung meninggalkan TPS. Ini untuk menghindari adanya kerumunan massa.

Sementara itu Pj Kepala Desa Ngampelsari, Anang Wahyu Hari Widodo mengatakan, waktu coblosan pukul 07.00 hingga 12.00 WIB.

“Kalau ada warga yang datang ke TPS pukul 12.01 WIB akan ditolak, namun bagi warga yang sudah berada di ring satu di dalam TPS meski waktu sudah lewat pukul 12.00 WIB tetap akan dilayani,” ucap Anang.

Anang berharap Pilkades Ngampelsari berjalan aman, lancar dan tertib. “Harapan kami Pilkades Ngampelsari berjalan aman, lancar dan tertib,” tandasnya. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *