43 TAHUN BPJAMSOSTEK
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sidoarjo Krian terus Tingkatkan Pelayanan kepada Tenaga Kerja

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Tonggak sejarah penting terjadi pada 1977 seiring dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) No.34 tahun 1977 tentang pembentukan wadah penyelenggara ASTEK yaitu Perum Astek. Itu menjadi cikalbakal berdirinya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Pada 2014 BPJS Ketenagakerjaan membuka 203 kantor cabang di berbagai kabupaten dan kota di Indonesia. Satu di antaranya, Kantor Cabang Perintis Sidoarjo Krian yang sekarang disebut sebagai Kantor Cabang Sidoarjo Krian.

BPJS Ketenagakerjaan atau yang sekarang akrab dipanggil BPJamsostek Kantor Cabang Sidoarjo Krian memiliki wilayah kerja meliputi Kecamatan Krian, Kecamatan Taman, Kecamatan Balongbendo, Kecamatan Tarik dan Kecamatan Prambon.

Per 3 Desember 2020 terdapat 36.597 tenaga kerja yang terdaftar di BPJamsostek Kantor Cabang Sidoarjo Krian. Rinciannya, 25.589 pekerja pada sektor formal, 3.200 pekerja pada sektor informal, 3.500 pada sektor jasa konstruksi dan 4.308 pekerja migran Indonesia.

BACA JUGA:

BPJamsostek Kantor Cabang Sidoarjo Krian sudah membayarkan 4.620 klaim Jaminan Hari Tua (JHT), 85 klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), 14 klaim Jaminan Kematian (JKM) dan 153 klaim Jaminan Pensiun (JP) dengan total pembayaran mencapai Rp. 47.385.329.107.

bpjs krian 2
Penerapan LAPAK ASIK (layanan tanpa kontak fisik) Onsite BPJamsostek Cabang Sidoarjo Krian.

Dalam kurun waktu seminggu belakangan ini, BPJamsostek Kantor Cabang Sidoarjo Krian berinovasi dengan memberikan edukasi tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi driver ojek online secara Drivethru, lembaga pendidikan dan sekolah serta pekerja informal di Desa Sedenganmijen – Krian.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, BPJamsostek meluncurkan sebuah inovasi berupa LAPAK ASIK (Layanan Tanpa Kontak Fisik) baik secara online maupun onsite, guna mencegah penyebaran virus Covid-19 dan menjalankan protokol kesehatan pencegahan penularan virus Covid-19 dengan tetap mengedepankan pelayanan prima kepada tenaga kerja.

Kini di usia yang sudah 43 tahun, BPJS Ketenagakerjaan terus berkomitmen tidak hanya memberikan yang terbaik kepada pekerja dan pengusaha saja, tetapi juga memberikan kontribusi penting bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi bangsa dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. (rin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *