Dinkes Sidoarjo Tes Swab 1.000 Guru PAUD hingga SMP

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo melakukan tes swab terhadap guru sekolah negeri maupun sekolah swasta di Sidoarjo, Selasa (20/10/2020). Pemkab Sidoarjo menyediakan kuota 1.000 tes swab untuk guru dari tingkat PAUD hingga SMP.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo, Asrofi mengatakan, rata-rata dari masing-masing sekolah ada dua guru yang diikutkan tes swab. Sehingga, kuota yang tersedia tersebut diharapkan cukup untuk kebutuhan dari semua jumlah guru yang ada di Sidoarjo.

“Guru yang mengikuti tes swab, kami prioritaskan yang sudah berumur,” kata Asrofi saat dihubungi suryakabar.com, Rabu (21/10/2020).

Sekolah Dasar (SD) di Sidoarjo tercatat ada 462 sekolah negeri dan 88 sekolah swasta. Sementara jumlah SMP terdapat 44 sekolah negeri dan 140 lebih sekolah swasta. “Tes swab juga dilakukan untuk guru di tingkat PAUD, TK-KB,” sambungnya.

BACA JUGA:

Terkait rencana dilakukannya proses pembelajaran tatap muka di sekolah, kata Asrofi, pihaknya masih menunggu kondisi sebaran Covid-19 di Sidoarjo menurun, atau daerah sudah masuk kategori zona kuning.

“Ketika sudah zona kuning, sekolah yang akan melakukan pembelajaran tatap muka harus tetap menerapkan SOP protokol kesehatan. Siswa yang masuk juga bertahap,” tutur Asrofi.

Sementara itu, Kabid P2P Dinkes Sidoarjo M Atho’illah mengatakan, 1.000 kuota tes swab yang tersedia ditargetkan selasai selama 10 hari atau sampai akhir Oktober 2020.

“Petugas gabungan dari Dinkes dan puskesmas yang melakukan tes swab. Setiap hari, ditargetkan melayani 100 sampai 150 guru yang menjalani tes swab,” pungkasnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *