Begini Kondisi Kembalinya Pelayanan Tatap Muka Wajib Pajak di KPP Pratama Sidoarjo Utara

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kembali membuka layanan tatap muka dengan wajib pajak (WP). Layanan itu sudah dimulai, Senin (15/6/2020) di seluruh Kantor Pelayanan Pratama (KPP) dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).

Hal itu sejalan dengan surat edaran dari DJP Pusat yang tertuang dalam, SE-33/PJ/2020, tentang layanan tatap muka bagi WP.

Penerapannya seperti yang saat ini telah dijalankan KPP Pratama Sidoarjo Utara. Dalam awal penerapan langsung ditinjau Kepala Kantor Wilayah DJP Jatim II, Lusiani, bersama rombongan, Senin (15/6/2020). Sebelumya selama pandemi Covid-19 sekitar dua bulan lebih, layanan di kantor tersebut mengandalkan pelayanan secara daring.

Kepala KPP Pratama Sidoarjo Utara, Djunaidi Djoko Prasetyo mengatakan, pada hari pertama penerapan layanan dengan tatap muka, antusias wajib pajak dinilai tinggi. Namun, dalam penerapan sesuai surat edaran DJP pusat dan guna mencegah sebaran Covid-19 pihaknya menerapakan batas maksimal pengunjung.

“Layanan dalam sehari kami batasi 50 WP. Dan itu pun terbagi antara 30 WP khusus pelayanan konsultasi, dan 20 WP sisanya bagi mereka yang ingin melakukan pelayanan di bidang lainnya,” kata Djunaidi Djoko Prasetyo saat ditemui suryakabar.com, Senin (15/6/2020).

BACA JUGA :

Menurut Djun, sapaan akrab Djunaidi Djoko Prasetyo, pihaknya bersyukur hingga saat ini tingkat kepatuhan wajib pajak masih tinggi. Meski pun pandemi Covid-19 sempat melemahkan perekonomian khususnya bagi pelaku usaha di industri.

kppp sda utara 1
Kepala KPP Pratama Sidoarjo Utara, Djunaidi Djoko Prasetyo (tengah) menyambut kunjungan Kepala Kantor Wilayah DJP Jatim II, Lusiani, Senin (15/6/2020).

“Dengan telah dibukanya kembali layanan tatap muka, kami berharap bisa mendorong wajib pajak lebih aktif kembali. Hingga sampai bulan ini, tingkat kepatuhan masih cukup baik, sekitar 93 persen, baik orang pribadi maupun badan. Meski pun, beberapa kendala itu pasti ada khususnya dari WP di sektor industri,” terangnya.

Dalam penerapan tatap muka di kantor pelayanan perpajakan di Sidoarjo ditengah persiapan menuju era new normal, pihak KPP Pratama Sidoarjo Utara selain patuh dengan penerapan SOP protokol kesehatan, juga telah melakukan beberapa persiapan lain di antaranya, optimalisasi jarak pelayanan baik di ruang khusus maupun di ruang pelayanan umum, disediakan wastafle dan hand sanitizer. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *