Antisipasi Penyebaran Covid-19, Puluhan Santriwati yang Tiba di Sidoarjo Disterilisasi

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Sebanyak 31 remaja putri atau santriwati dari pondok pesantren (Ponpes) Sidogiri, Pasuruan yang tiba di Sidoarjo, Sabtu (4/4/2020) menjalani sterilisasi. Mereka yang datang dan barang bawaannya terlebih dulu disemprot cairan desinfektan, dan dilakukan cek suhu tubuh menggunakan thermo gun.

Kegiatan itu, dilakukan singkat oleh pihak pondok di kawasan alun-alun Sidoarjo. Sebelum nantinya para santriwati tersebut kembali ke rumah masing-masing dalam keadaan steril.

Upaya itu dilakukan pihak pondok bekerja sama Dokpol Polresta Sidoarjo guna mencegah penyebaran coronavirus disease (Covid-19).

Kapolsek Kota, Polresta Sidoarjo, Kompol Supiyan mengatakan, usai disemprot mereka diminta agar tetap mengikuti anjuran pemerintah. Mengupayakan agar menghindari kegiatan di luar rumah.

“Ikuti anjuran pemerintah, maupun orang tua. Beraktivitas seperti biasa di pondok bisa dilakukan di rumah, jika tidak perlu agar menghindari keluyuran keluar rumah,” pesannya dihadapan awak media, termasuk suryakabar.com, Sabtu (4/4/2020).

BACA JUGA:

Kata dia, para santriwati itu usai turun dari bus yang mengantar, diarahkan ke bilik sterilisasi yang disediakan. Selanjutnya, dicek suhu tubuh dan diberi hand sanitizer. Diharapkan, setelah steril mereka bisa beraktivitas kembali seperti biasanya.

“Seperti santriwati, sebelumnya satriwan yang datang lebih dulu juga disemprot. Petugas medis juga mensterilisasi barang bawaan dengan cara menyemprotkan cairan kimia, desinfektan. Sesampainya di rumah langsung dicuci,” katanya.

santriwati 1
Kapolsek Kota, Polresta Sidoarjo Kompol Supiyan memberikan arahan kepada puluhan santriwati yang tiba di Sidoarjo, Sabtu (4/4/2020).

Menurut Supiyan, beraktivitas di luar rumah tidak disarankan karena berisiko. Karena itu, agar anjuran pemerintah tetap diingat dan dipatuhi. Sehingga, bersama kita bisa saling memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Sidoarjo.

“Kami berharap agar bersama-sama bisa saling menyadari pandemi Covid-19 saat ini. Sehingga semua sehat, dan terhindar dari wabah tersebut,” pungkasnya. (sty)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *