Pandemi Virus Corona, Personel Gabungan Lakukan Patroli Malam Bersama di Sidoarjo

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Guna memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat di tengah merebaknya virus corona (Covid-19), Sabtu (21/3/2020) malam, puluhan personel gabungan dari TNI-Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan di Sidoarjo melakukan patroli bersama.

Patroli bersama ini juga sebagai upaya antisipasi balap liar, tindak kriminal, serta mensosialisasikan himbauan dari maklumat Kapolri terkait pencegahan penyebaran Virus Corona.

Sasaran lokasi sosialisasi dan pemasangan maklumat Kapolri tersebut adalah di tempat hiburan, pertokoan, mall, mini market, dan tempat-tempat lainnya.

Di patroli bersama ini, personel gabungan mendatangi tempat-tempat yang hingga larut malam masih ditemui kerumunan masa. Menghimbau masyarakat yang masih berkumpul di luar agar untuk segera pulang ke rumah, hal ini sesuai dengan peraturan dari pemerintah pusat sebagai langkah pencegahan penularan Virus Corona.

Maklumat Kapolri, dikeluarkan agar penyebaran virus tidak semakin meluas dan berkembang, lalu menjadi gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Maklumat ini juga bentuk kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona (Covid-19),” kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, Sabtu (21/3/2020) malam.

BACA JUGA:

Dalam maklumatnya, Kapolri meminta agar seluruh masyarakat tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri.

Apabila ada keperluan mendesak dan tidak dapat dihindari yang melibatkan banyak massa, agar dilaksanakan sesuai dengan protokol pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

maklumat

Selain itu, Kapolri dalam maklumatnya, juga meminta agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik, namun diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing, dan mengikuti informasi serta himbauan resmi yang dikeluarkan pemerintah.

“Masyarakat juga diminta agar tidak melakukan pembelian atau menimbun bahan pokok maupun kebutuhan masyarakat lainnya secara berlebihan,” jelas Kombes Pol. Sumardji.

Dan masyarakat juga diminta agar tidak ikut menyebarkan informasi-informasi yang tidak jelas sumbernya yang dapat menimbulkan gejolak yang dapat mengganggu kondusivitas kamtibmas.

Sebab itu pula, Sabtu (21/3/2020) malam, dilakukan patroli bersama dari TNI, Polri, Satpol dan Dishub Sidoarjo, dengan tujuan menjaga kondusivitas kamtibmas di tengah pandemi virus corona. Serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di Kabupaten Sidoarjo. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *