Fakultas Teknik UKDC Surabaya Gelar Seminar Pengelolaan Sampah

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Peduli terhadap lingkungan, unit kerja Center For Sustianable Development Studies Fakultas Teknik Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya menggelar seminar pengelolaan sampah, Rabu (18/9/2019).

Seminar bertema “Revitalisasi Lokasi TPA Eksisting, Terapkan Sistem TPST Reuseable Sanitary Landfill, Gen/9/x” ini mengundang Dipl. Ing. Ir. HB. Henky Sutanto dari Ikatan Alumni BPPT sebagai narasumber. Hadir pada seminar itu seluruh dosen Fakultas Teknik UKDC.

Seminar diadakan untuk mempersiapkan perguruan tinggi, secara khusus UKDC agar bisa berperan banyak pada pemrosesan akhir sampah di tempat pemrosesan akhir (TPA).

henky sutanto
Dipl. Ing. Ir. HB. Henky Sutanto menjelaskan arang sampah yang bisa digunakan sebagai bahan bakar memasak.

Saat ini TPA bukan lagi tempat pembuangan sampah, namun menjadi tempat pemrosesan akhir. Sampah bukan dibuang, namun sampah diproses, sehingga bisa digunakan berbagai macam sumber daya.

“Untuk itu maka diperlukan TPA yang sustainable yang berfungsi terus-menerus,” begitu penjelasan Dipl. Ing. Ir. HB. Henky Sutanto selaku narasumber.

Lebih lanjut Dipl Ing. Ir. HB. Henky Sutanto mengatakan, terkait sampah ini, diperlukan pengembangan TPA yang reuseable sanitary, sehingga TPA mampu memroses sampah yang sekaligus memisahkan sumber dayanya. Misalnya, sampah sebagai sumber energi bahan bakar gas, kemudian sampah menjadi arang ketika sumber energinya sudah selesai diproses.

Pengolahan sampah sangat urgen dilakukan. Jika sampah bisa dikelola dengan baik, maka lingkungan akan sehat. Demikian pula lingkungan kampus juga menjadi sehat, karena pemrosesan sampahnya bagus. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *