Harapkan Rencana Wisata Hutan Kota Surabaya di Sumurwelut segera Terealisasi

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Warga Desa Bendungan Sumurwelut Kecamatan Lakarsantri berharap Pemerintah Kota Surabaya segera mewujudkan kawasan wisata hutan kota di area tersebut.

Eko Wahyudi, Ketua RW III Desa Bendungan Sumurwelut Kecamatan Lakarsantri Surabaya mengungkapkan, warga sangat mendukung rencana Pemerintah Kota Surabaya untuk membuat wisata hutan Kota di Dusun Sumurwelut, karena hal tersebut akan meningkatkan ekonomi warga.

“Rencana tersebut sudah cukup lama dalam perencanaan Pemerintah Kota Surabaya, dan sudah beberapa kali dilakukan sidak di hutan yang masih asli di wilayah Desa Bendungan tersebut,” ujar Eko Wahyudi di Surabaya, Rabu (28/8/2019).

Menurutnya, luas hutan tersebut sekitar 1,5 Hektar, dengan tanaman dan pepohonan yang masih asli dan sudah berumur puluhan tahun.

Rencananya Pemerintah Kota menata kembali tanaman-tanamn tersebut agar lebih menarik dan asri, sehingga punya ciri khas wisata hutan kota Surabaya.

Rencana Pemerintah Kota tersebut sangat didukung warga. Pihaknya hampir setiap minggu melakukan perawatan terhadap hutan tersebut meskipun realisasi menjadi wisata hutan kota masih cukup lama.

“Paling tidak upaya warga tersebut bisa menjadi motivasi Pemerintah Kota untuk segera merealisasikan hutan tersebut,” tambahnya.

Dikatakannya, wisata hutan kota tersebut sangat pas dengan mata pencaharian warga setempat yang rata-rata bertani, berkebun dan pengembangan peternakan.

“Jadi wisata hutan kota nanti bisa menjadi wisata edukasi agro juga, sehingga wisatawan bisa juga berkunjung ke berbagai lahan pertanian dan perkebunan warga, dan mungkin ini satu-satunya di Surabaya,” katanya.

Selain itu, area hutan tersebut juga bisa dimanfaatkan berbagai kegiatan warga kota Surabaya di antaranya sebagai area bumi perkemahan dan olahraga yang berbasis alam seperti Running Trail (lomba lari di hutan). (mer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *