Piala Konfederasi 2017
Rusia Jaga Peluang Tembus Semifinal

SAINT PETERSBURG, SURYAKABAR.com – Tuan rumah Piala Konfederasi 2017, Rusia memetik kemenangan 2-0 (1-0) atas Selandia Baru pada pertandingan pembukaan Grup A Piala Konfederasi 2017 di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Sabtu (17/6/2017).

Kemenangan ini membuat peluang Rusia lolos ke semifinal terjaga. Rusia masih memiliki dua pertandingan di babak penyisihan yakni melawan Portugal, 21 Juni 2017 dan menghadapi Meksiko di laga pamungkas penyisihan grup, 24 Juni 2017.

Tim asuhan Stanislav Cherchesov itu memimpin klasemen sementara Grup A mengumpulkan tiga poin. Dua gol kemenangan Rusia atas Selandia Baru akibat bunuh diri Michael Boxall menit 31 dan gol Fedor Smolov menit 69 memanfaatkan umpan tarik Aleksandr Samedov dari sisi kanan lapangan.

Kendati unggul skill pemain, Rusia tidak terlalu dominan dalam penguasaan bola yakni 57 persen berbanding 43 persen. Pemain Rusia berhasil melepas 17 tendangan ke gawang Selandia Baru sedang Selandia Baru melepas 10 tendangan.

Piala Konfederasi tahun ini merupakan edisi ke 10. Turnamen ini digelar empat tahun sekali. Pesertanya delapan tim. Rusia sebagai tuan rumah lolos secara otomatis ke turnamen ini. Enam tim lainnya yakni pemenang dari kejuaraan konfederasi FIFA serta juara Piala Dunia FIFA 2014, Jerman.

Di babak penyisihan dibagi dua grup. Grup A dihuni Rusia, Selandia Baru, Portugal dan Meksiko, sedang Grup B diisi Jerman, Kamerun, Chili dan Australia.

Juara bertahan, Brasil, yang menjuarai tiga Piala Konfederasi sebelumnya (2005, 2009, 2013), gagal lolos untuk pertama kali sejak 1995, setelah kalah adu penalti melawan Paraguay pada babak perempat final Copa America 2015. Wakil dari Conmebol (Amerika Latin) akhirnya direbut Chili. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *