VES Community Bagikan Buku Gratis dan Kenalkan Wisata Madiun

SURABAYA, SURYAKABAR.com – Iringan mobil JIP Suzuki Vitara Escudo Sidekick (VES) mendayu-dayu di jalanan. Mereka berputar di wilayah Surabaya, Sidoarjo menuju Kota Madiun sebagai lokasi tujuan.

Ada dua agenda komunitas ini berangkat ke Madiun, pertama untuk memperingati ulang tahun organisasi yang diakhiri dengan bakti sosial dengan membagikan tas dan buku sebanyak 6.000 buah secara gratis, kedua mengabadikan keindahan lokasi-lokasi selama perjalanan menjadi sebuah cerita visual.

Dalam aktivitas ini, ada 150 mobil yang mengikuti rombongan menuju Waduk Bening Saradan, Madiun. Di daerah inilah rombongan menggelar Jambore, Sabtu-Minggu (4-5/8/2018) dengan rangkaian acara tasyakuran ulang tahun VES Community Jawa Timur ke-5, family gathering dan diakhiri bakti sosial di empat SDN yang berada di Desa Sumberbendo. SDN yang mendapatkan saluran bantuan adalah SDN Sumberbendo 1, SDN Sumberbendo 2, SDN Sumberbendo 3, dan SDN Sumberbendo 4.

“Ini merupakan acara serentak yang dilakukan chapter di seluruh Indonesia. Kita sangat mengapresiasi kegiatan komunitas ini, semoga dengan gerakan ini kita bisa membantu masyarakat,” kata Firman, Ketua Panitia Kegiatan Aksi Sosial ini.

ves 2
Rombongan VES Community tertib menuju Madiun. Foto : Dokumentasi VES Community.

Acara ini sangat meriah, siswa-siswa yang berada di empat sekolah tersebut sangat bahagia. Mereka mendapatkan tas dan buku sebanyak 6.000 buah yang selama ini mereka harapkan. Apalagi siswa-siswa ini berada pada lokasi yang terpencil di daerah Madiun. Aksi ini merupakan bentuk kepedulian sosial dari komunitas kepada masyarakat.

Selama ini, ujar dia, banyak masyarakat yang menilai negatif terhadap keberadaan komunitas-komunitas, karena komunitas yang mereka lihat selalu membuat suasana desa ramai dengan adanya perjalanan mobil-mobil yang dikendarai.

Untuk menghilangkan pemikiran itu, Firman menegaskan kalau VES Community merupakan perkumpulan pengendara mobil JIP yang memiliki kepedulian sosial. “Sebisa mungkin kami akan melakukan kegiatan serupa dengan lokasi yang berbeda,” terangnya.

ves 3
Parkir mobil VES Community rapi. Foto: Dokumentasi VES Community.

Ketua VES Community Chapter Jawa Timur, Moch. Syahroji mengatakan, aktivitas sosial kepada lingkungan menjadi sebuah acara rutin yang digelar. Bahkan, pihaknya berencana menjadikan acara kepedulian sosial sebagai kewajiban yang perlu ditingkatkan. “Kami ingin sekolah-sekolah mendapatkan perhatian yang baik,” katanya.

Syahroji mengungkapkan, selain melakukan aktivitas sosial, VES Community juga memiliki niat baik dengan mempublikasikan keindahan alam selama dalam perjalanan. Bahkan, destinasi-destinasi wisata yang disinggahi tidak luput dari pantauan kemudian diabadikan menjadi sebuah visualisasi.

Dari hasil perekaman ini, semua anggota komunitas sepakat untuk menaikan ke media sosial (Medsos). Dari medsos inilah bisa diketahui daerah-daerah yang memiliki peluang wisata bagus. Begitu juga dengan Madiun, sebagai kota besar setelah Surabaya, Malang, Jember dan Kediri.

Madiun memiliki potensi pariwisata yang sangat bagus untuk dinikmati. “Madiun memiliki potensi wisata sangat luar biasa, makanya kami ingin mengenal dan memperkenalkan kepada masyarakat yang suka berwisata,” tutur Syahroji. (arf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *