Vietnam Cetak Sejarah, Tembus Final Piala Asia U-23, Uzbekistan Singkirkan Korsel

CHANGZHOU, SURYAKABAR.com – Vietnam menorehkan sejarah di pentas Piala Asia U-23. Mereka menjadi tim pertama dari Asia Tenggara yang mampu menembus final.

Ya, Vietnam melaju ke final, setelah di semifinal menang 6-5 (2-2) lewat drama adu penalti melawan Qatar di Changzhou, China, Selasa (23/1/2018). Sejauh ini belum pernah ada tim dari Asia Tenggara yang mampu melaju hingga semifinal di Piala Asia U-23.

Qatar sempat memimpin lebih dulu lewat gol tendangan penalti Akram Hassan Afif menit 39. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Qatar bertahan hingga babak pertama berakhir.

Nguyen Quang Hai membawa Vietnam imbang 1-1 menit 69 lewat tendangan keras dari jarak dekat. Lahirnya gol ini membuat pertandingan semakin menegangkan.

Tiga menit menjelang waktu pertandingan normal berakhir, Qatar mencetak gol kedua melalui Almoez Ali Abdulla memanfaatkan kemelut di mulut gawang Vietnam.

Kemenangan Qatar yang sudah didepan mata buyar. Berselang satu menit, tendangan kaki kiri Nguyen Quang Hai dari luar kotak penalti diarahkan ke sudut kanan atas gawang gagal dibendung kiper Qatar Mohammed Al Bakari.

Pertandingan dilanjutkan perpanjangan. Namun, hingga babak perpanjangan waktu berakhir, tidak ada tambahan gol. Akhirnya, untuk menentukan pemenangan dilanjutkan adu tendangan penalti.

Kiper Vietnam Bùi Tien Dung menjadi pahlawan pada adu penalti dengan membendung dua tendangan pemain Qatar. Dengan demikian Qatar hanya mencetak tiga gol, sementara Vietnam berhasil mencetak empat gol.

Pada laga final, Vietnam akan meladeni Uzbekistan yang di laga semifinal lainnya menang, 4-1 atas Korsel lewat perpanjangan waktu, setelah pada waktu pertandingan normal berakhir imbang 1-1.

Empat gol Uzbekistan dicetak Zabikhillo Urinboev menit 33, Azizjon Ganiev menit 99, Jasurbek Yakhshiboev menit 110 dan Akramjon Komilov menit 121. Satu-satunya gol Korsel dilesakkan Hwang Hyun-soo menit 58. (es)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *