SEA Games 2017
JELANG BIG MATCH LAWAN VIETNAM: Pemain Ini akan Gantikan Evan Dimas

SELANGOR, SURYAKABAR.com – Timnas Indonesia bakal terlibat big match dalam lanjutan babak penyisihan Grup B SEA Games 2017 melawan Vietnam di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Selangor, Malaysia, Selasa (22/8/2017) pukul 19.45 WIB.

Saat ini kedua tim bertengger di papan atas klasemen sementara. Vietnam berada di puncak klasemen sementara mengumpulkan sembilan poin hasil sapu bersih kemenangan di tiga pertandingan.

Indonesia dan Thailand menempel Vietnam di posisi kedua dan ketiga. Indonesia dan Thailand memiliki poin sama yakni tujuh dan produktivitas golnya juga sama yakni 5-1.

Laga ini sangat menentukan langkah Indonesia. Kemenangan atas Vietnam hampir pasti membawa Indonesia lolos ke semifinal. Pasalnya, di pertandingan terakhir penyisihan grup, tim asuhan Luis Milla itu menghadapi lawan yang relatif ringan yakni tim juru kunci klasemen Kamboja.

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti mengatakan kesiapan timnya menjelang pertandingan melawan Vietnam.

Dikatakan Bima Sakti, pelatih akan mencoba semua pemain dan semua pemain sama pentingnya. “Yang pasti semua pemain sama pentingnya. Pelatih akan mencoba semua pemain, jadi siapa yang dipercaya itu yang terbaik. Hargianto siap bermain. Septian David tetap di depan, ditopang Hargianto yang mungkin pasangannya adalah Hanif atau Asnawi,” ungkap Bima Sakti seperti dikutip Laman PSSI.

Pada laga penting ini, Indonesia kehilangan motor serangan di lini tengah, Evan Dimas. Pemain asal klub Bhayangkara FC ini absen, karena mengantongi dua kartu kuning. Untuk penggantinya, Bima mengatakan antara Hargianto atau Hanif Sjahbandi.

“Penggantinya Evan belum dapat dipastikan antara Hargianto atau Hanif. Tapi yang pasti mereka berdua yang punya kesempatan bermain besok,” katanya.

“Ya, akan ada perubahan formasi, karena ada empat atau lima posisi yang berubah,” sambungnya.

Timnas Indonesia tetap menjalani latihan guna mematangkan taktik permainan menjelang lawan Vietnam. “Pertama tadi ada latihan spesifik untuk pemain belakang, bagaimana mereka saat bertahan dan saat antisipasi crossing seperti apa. Lalu ada latihan spesifik untuk menyerang,” jelasnya.

“Memang tadi pelatih menyampaikan latihan tidak seperti biasa, karena kemarin sudah bertanding berat dan besok adalah pertandingan besar dan penting. Pelatih menyampaikan sebelum latihan mereka harus enjoy, boleh bercanda yang penting fokus.”

Luis Milla dan jajaran pelatih pun mendapatkan masukan dari para pemain mengenai calon lawan yang akan dihadapi. Dan pelatih menanggapinya dengan mengatakan, pemain harus selalu kompak.

“Sudah banyak masukan dari Evan, Hargi, dan Hansamu mengenai pemain yang harus diwaspadai. Yang pasti pelatih sudah mengingatkan pemain harus kompak, baik saat menyerang atau pun bertahan. Jadi bertahan atau tidak kita semua bertanggung jawab bersama-sama,” tukasnya.

“Yang jelas, kita akan memaksimalkan sayap-sayap kita. Yang penting konsentrasi bagaimana bertahan, kenapa tim ini performa bagus sekarang, karena pelatih menilai tim ini punya kerja sama terutama dalam bertahan,” ujarnya. (pssi.org)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *