10 Ribu Anak di Sidoarjo Peringati Hari Anak Nasional

SIDOARJO, SURYAKABAR.com – Memperingati Hari Anak Nasional 2017, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo dibawah koordinasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlingdungan Anak, serta Keluarga Berencana Launching Kampanye Measles Rubella (MR).

Kegiatan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (8/8/2017) diikuti 9.900 anak dari TK/RA/BA dan PAUD, serta 500 anak tingkat SD, SMP, SMK. Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella Congenital Rubella Syndrone (CRS) pada 2020.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan, anak-anak harus diberi imunisasi untuk menjaga kondisi kesehatan sang anak, imunisasi itu dilakukan juga untuk menjaga kekebalan tubuh anak.

“Setiap anak harus diberi imunisasi, di antaranya imunisasi campak Measles Rubella untuk menjaga kesehatan dan kekebalan anak,” kata Saiful Ilah kepada wartawan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (8/8/2017).

Saiful menegaskan, Sidoarjo sudah mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA). Itu sebabnya, Saiful mengajak untuk menjaga anak-anak di Sidoarjo dengan ramai-ramai mengikuti imunisasi campak Rubella.

“Kegiatan imunisasi campak rubella ini akan dilakukan di sekolah-sekolah dan Posyandu untuk anak dari usia 9 bulan hingga 15 tahun,” jelasnya.

hari anak 2017 1

Di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Ika Harnasti mengatakan, upaya mencegah penyakit campak dan rubella dikampanyekan dengan menyasar ke semua lapisan masyarakat.

“Kegiatan imunisasi campak rubella ini sebenarnya sudah dilakukan sejak awal Agustus 2017 dan menyasar di sekolah-sekolah serta di Posyandu,” kata Ika Harnasti.

Masih kata Ika, campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.

eki fani

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trisemester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

“Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus,” jelasnya. (pn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *